Profil Singkat Shin Tae-yong dan Hwang Sun-hong Jelang Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024

Nusantaratv.com - 24 April 2024

Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong akan berhadapan dengan mantan koleganya di timnas Korsel, Hwang Sun-hong. (dok PSSI)
Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong akan berhadapan dengan mantan koleganya di timnas Korsel, Hwang Sun-hong. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Duel dua 'sahabat' tak terhindarkan saat timnas Korea Selatan U-23 berhadapan dengan Indonesia pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kedua tim bakal bentrok di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024). 
  
Dalam laga ini, pelatih Shin Tae-yong yang menukangi timnas Indonesia U-23 bakal bertemu 'kawan lama', Hwang Sun-hong. Kebetulan seniornya itu berada di tim lawan, Korea Selatan. 

Berasal dari negara yang sama, STY dan Hwang sun-hong sudah mengenal satu dengan yang lainnya. Apalagi mereka juga sama-sama pernah memperkuat tim Korea Selatan pada era 90-an. 

Saat bersua di Piala Asia U-23 2024, STY juga menunjukkan dukungannya terhadap seniornya itu. Pria berusia 53 tahun tersebut rajin hadir saat Korea Selatan U-23 tampil di Grup B. 

Awalnya, STY memang hanya bermaksud memberi dukungan moril bagi Hwang dan pasukannya. Namun setelah kedua negara dipastikan bertemu di perempat final, STY mau tidak mau mulai mengamati permainan dengan lebih serius untuk menemukan kelemahan di tim lawan.

"Kemain saya datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan Korea Selatan melawan Uni Emirat Arab. Saat itu saya datang untuk mendukung timnas Korea Selatan dan pelatihnya, Hwang Sun-hong," kata Shin tae-yong pertandingan Korsel beberapa waktu lalu. 

Dalam hati, STY sebenarnya lebih memilih melawan Jepang di perempat final. Pasalnya, dia ingin Indonesia dan Korea Selatan bertemu di final agar sama-sama lolos ke Olimpiade Paris 2024. 

Namun STY mengaku tak bisa mengatur hasil pertandingan. Korea Selatan berhasil mengalahkan Jepang 1-0 di laga terakhir fase grup. Kemenangan ini membuat Korea menjadi juara grup B dan harus bertemu Timnas Indonesia U-23 yang merupakan runner up grup A.

Nah, berikut ini adalah profil singkat kedua pelatih:

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])