Pelita Jaya Ingin Akhiri Catatan Buruk Pada Musim Ini

Nusantaratv.com - 19 Juli 2023

Pelita Jaya Ingin Akhiri Catatan Buruk Pada Musim Ini
Pelita Jaya Ingin Akhiri Catatan Buruk Pada Musim Ini

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Pelita Jaya Bakrie Jakarta membuat penampilan yang luar biasa di sepanjang musim IBL 2023. Kini mereka sudah sampai ke final, dan menjadi ketiga kalinya berturut-turut dalam tiga musim terakhir.

Pelita Jaya musim ini ingin mengakhiri kekecewaan mereka dua tahun beruntun. Meskipun lawan di final tidak mudah untuk ditaklukkan.

Pelita Jaya sudah tahu betul rasanya sakit dikalahkan di final. Karena mereka gagal menjadi juara di musim 2021 dan 2022, karena dikalahkan oleh Satria Muda Pertamina Jakarta.

Tahun ini mereka tidak ingin merasakan sakit hati untuk ketiga kalinya. Sehingga Pelita Jaya menampilkan performa luar biasa di musim 2023.

Mengawali musim, Pelita Jaya mendatangkan pelatih baru asal Serbia, yakni Djordje Jovicic. Dia memberikan kesan pertama yang bagus, dengan membawa Pelita Jaya menjuarai turnamen pra-musim di Solo. Modal ini dibawa ke reguler season, yang punya pertandingan lebih banyak untuk tahun ini yakni 30 pertandingan.

Pelita Jaya membuka musim reguler dengan kekalahan 45-69 atas Prawira Harum Bandung. Kemudian setelah itu, Pelita Jaya menang enam laga beruntun.

Tetapi setelah itu, Pelita Jaya kalah 67-72 atas Satria Muda di Seri Surabaya. Kekalahan ini sangat membekas di hati pelatih Jovicic, sehingga dia berusaha membalas kekalahan tersebut.

Pelita Jaya kemudian menang 17 laga berturut-turut, yang jadi rekor kemenangan terpanjang di IBL 2023. Ironisnya, justru mereka kalah untuk kedua kalinya dari Prawira, pada 11 Juni 2023. Prawira kala itu mengalahkan Pelita Jaya dengan skor 84-82, melalui babak overtime.

Sehingga bisa dikatakan kalau Pelita Jaya menyimpan rasa penasaran. Pelita Jaya menutup musim reguler dengan rekor 27-3. Karena, di laga pamungkas musim reguler, Pelita Jaya menang atas Satria Muda (84-75).

Memasuki babak playoffs, Pelita Jaya juga menampilkan performa yang luar biasa. Mereka menang 2-0 atas Bima Perkasa Jogja. Kemudian di babak semifinal, Pelita Jaya menyapu bersih Satria Muda (2-0). Mereka sukses membalas sakit hati atas kekalahan dari Satria Muda, dengan menyingkirkan mereka di babak empat besar.

Kalau ditarik garis mundur, maka Pelita Jaya belum pernah menang dari Prawira di tahun 2023. Namun keduanya akan bertemu di partai puncak. Keunggulan Pelita Jaya adalah mereka sudah tiga kali berturut-turut tampil di final sejak 2021. Sehingga secara pengalaman mereka jauh lebih siap dari Prawira.

Pelita Jaya akan menjadi tuan rumah di Game 1 IBL Finals 2023. Mereka akan menggunakan Hall A Senayan, Jakarta sebagai home base. Pertandingan ini akan digelar pada Kamis (20/7), dan tip-off akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])