PDBI Kalteng Optimistis Tim Drumband Raih Medali di PON 2024

Nusantaratv.com - 11 Oktober 2023

Anggota Drum Corps Handep Mentaya Praja berfoto bersama Bupati Halikinnor dan jajaran saat acara silaturahim di aula rumah jabatan bupati, Rabu (11/10/2023). (ANTARA/Norjani)
Anggota Drum Corps Handep Mentaya Praja berfoto bersama Bupati Halikinnor dan jajaran saat acara silaturahim di aula rumah jabatan bupati, Rabu (11/10/2023). (ANTARA/Norjani)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Ketua Umum Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kalimantan Tengah Halikinnor optimistis tim drumband binaan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Drum Corps Handep Mentaya Praja yang mewakili provinsi tersebut mampu meraih medali di PON 2024.

"Drum Corps Handep Mentaya Praja baru saja mengikuti babak kualifikasi di Yogyakarta. Hasilnya, dari 12 daerah yang bertanding, Kalimantan Tengah masuk dalam lima daerah yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti PON 2024," kata Halikinnor di Sampit, Rabu.

Selain Kalimantan Tengah, empat daerah lain yang dinyatakan lolos kualifikasi dan melaju ke PON 2024 adalah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah ditambah dua tim yaitu dari Aceh dan Sumatera Utara selaku tuan rumah.

Halikinnor yang juga merupakan Bupati Kotawaringin Timur ini menilai, capaian tersebut sangat membanggakan apalagi Kalimantan Tengah menjadi satu-satunya provinsi di luar Jawa yang mampu lolos ke PON 2024 pada cabang drumband.

"Saya sangat bangga. Bayangkan, bisa mengalahkan peserta dari daerah yang maju seperti DKI Jakarta dan lainnya di babak kualifikasi. Makanya kita harus optimistis meraih juara di PON," tegasnya.

Kendati demikian, dia mengingatkan agar tidak euforia berlebihan atas keberhasilan tersebut. Dia pun menyarankan tim mulai mempersiapkan fisik dan mental agar bisa tampil maksimal di PON 2024.

"Beberapa kendala seperti peralatan dan lainnya, akan segera dicarikan solusinya. Saya juga berharap KONI Kalimantan Tengah segera memiliki ketua definitif sehingga bisa turut memberi dukungan dalam persiapan, selain yang kita upayakan sendiri," demikian Halikinnor.

Ketua Drum Corps Handep Mentaya Praja Diana Setiawan mengatakan latihan untuk menghadapi PON akan dioptimalkan dengan pengadaan peralatan baru serta mendatangkan pelatih.

Drum Corps Handep Mentaya Praja juga akan melakukan seleksi sebagai persiapan regenerasi personel sehingga pembinaan prestasi cabang olahraga drumband bisa berkelanjutan.

"Nanti akan kita buat regenerasi personel sehingga bisa semakin optimal. Kami berharap bisa membawa peningkatan prestasi Kalimantan Tengah pada PON 2024. Mohon doa seluruh masyarakat Kalimantan Tengah," kata Diana.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])