Para Pemain Timnas Indonesia U-23 Kompak Dukung Shin Tae-yong Dipertahankan

Nusantaratv.com - 23 April 2024

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin latihan di Piala Asia U-23 2024. (dok PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin latihan di Piala Asia U-23 2024. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Masa depan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia semakin menunjukkan titik terang. Para pemain yang berlaga di Piala Asia U-23 mendukung pria asal Korea Selatan itu tetap dipertahankan.

Sikap ini terlihat ketika Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyambangi ruang ganti pemain usai laga melawan Yordania, Minggu (21/4/2024). Saat itu, Erick bertanya kepada para pemain terkait nasib STY. 

"Jadi, apakah coach Shin Tae-yong tetap bersama kita?" kata Erick menggunakan bahasa Inggris seperti terdengar dalam rekaman video yang diunggah melalui akun Instagramnya, Senin (22/4/2024). 

Pertanyaan itupun langsung dijawab dengan tegas oleh Witan Sulaeman Cs. 

"Ya...," ujar mereka serempak sembari bertepuk tangan. Erick juga terlihat merangkul Shin Tae-yong. 

Masa depan STY bersama Timnas Indonesia belakangan ini memang sempat menimbulkan tanda tanya di kalangan pencinta sepak bola Tanah Air. Di jagat media sosial, tidak sedikit pula warganet pendukung Tim Merah Putih yang meminta agar PSSI memperpanjang kontraknya. Bahkan teriakan nama STY sempat menggema di sela-sela duel Indonesia melawan Yordania pada penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khaliga Stadium, Minggu lalu.

Besarnya dukungan terhadap STY tentu bukan tanpa sebab. Seperti diketahui, di tangan STY banyak perubahan yang terjadi dengan timnas Indonesia.

Di level senior contohnya. STY yang dimodali dengan sederet pemain naturalisasi berhasil mengukir sejarah dengan menembus babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar. 

Di level usia muda, Shin Tae-yong kembali membuat kejutan. Dia sukses membawa Garuda Muda melangkah ke fase knock out Piala Asia U-23 2024, Qatar. Timnas Indonesia U-23  lolos sebagai runner up grup A dan akan berhadapan dengan Korea Selatan di babak perempat final yangh berlangsung Jumat, 26 April 2024. Ini juga sejarah mengingat selama ini Indonesia belum pernah melangkah sejauh itu.

STY sendiri didatangkan PSSI pada Desember 2019 lalu. Dia kemudian diikat dengan durasi kontrak 4 tahun.  

Saat kontraknya berakhir, PSSI kembali memberi kelonggaran hingga akhir Juni 2024. Langkah ini diambil mengingat STY masih harus memimpin Garuda Muda tampil di Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Doha, Qatar. 

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sebenarnya sudah memberi sinyal terkait kontrak STY. Menurut Erick, pihaknya sudah memiliki kesepakatan bersama dengan STY. "Itu kan suatu komitmen yang sudah kami sepakati bersama bahwa ada target untuk coach Shin Tae-yong sebagai profesional dan dari saya sebagai profesional juga mempunyai kesepakatan," kata Ketum PSSI, Erick Thohir, dalam HUT ke-94 
 
"Jadi, jangan dijadikan polemik. Jadi sudah ada hal-hal yang disepakati. Pertanyaan media juga bagaimana jika Timnas Indonesia U-23 tidak lolos ke delapan besar Piala Asia U-23? Itu baru penilaian yang berbeda," jelas Erick Thohir terkait kekhawatiran STY gagal memenuhi target lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23.


Well netizen, apakah STY perlu dipertahankan?

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])