Nyaris Bikin Timnas Indonesia U-23 Tersingkir, Ini Alasan Penalti Justin Hubner Bisa Diulang

Nusantaratv.com - 26 April 2024

Tendangan Justin Hubner sempat diblok kiper Korea Selatan. (Youtube)
Tendangan Justin Hubner sempat diblok kiper Korea Selatan. (Youtube)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Tendangan Justin Hubner dalam drama adu penalti di babak perempat final Piala Asia U-23 2024, sempat diulang. Kenapa bisa seperti itu?

Justin Hubner nyaris jadi pesakitan saat Timnas Indonesia U-23 bertarung melawan Korea Selatan di Abdullah bin Khaliffa Stadium, Jumat (26/4/2024). Saat dalam keadaan genting, tendangan pemain naturalisasi itu justru berhasil diblok penjaga gawang Korea Selatan, Baek Jong-bum hingga membuat skor menjadi 4-5 untuk kemenangan tim lawan. 

Beruntung wasit meminta Hubner mengulang tendangannya. Para pemain Korsel, terutama kiper tampak tidak terima dengan keputusan itu. Meski demikian, mereka tidak melancarkan protes yang berlebihan. 

Pada kesempatan kedua, Hubner berhasil mencetak gol dan menyamakan kedudukan jadi 5-5 hingga drama adu penalti kembali diteruskan. 

Setelah itu, tak ada lagi penendang Indonesia yang gagal mencetak gol setelah itu, Sementara Korea Selatan akhirnya tertinggal setelah tendangan Kang He Lee berhasil diblok Ernando Ari.

Indonesia pun akhirnya menang dengan skor 11-10 dan berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Sebelumnya, kedua tim bermain 2-2 hingga perpanjangan waktu usai.

Lalu kenapa tendangan Justin Hubner diulang?

Prosedur tendangan penalti diatur oleh FIFA pada aturan law of the game . Dalam prosedur penalti pada law 14 disebutkan kalau penjaga gawang yang bertahan harus tetap berada di garis gawang dan menghadap ke arah penendang di antara tiang gawang sampai bola ditendang. Dan jika bola tidak masuk ke gawang, tendangan akan diulang dan penjaga gawang akan diperingatkan oleh wasit.

Nah dalam kasus Hubner, wasit seperti dilansir dari en.yna.co.kr, wasit ternyata mendapat masukan dari VAR yang menyatakan kiper Korrsel, telah menjauhkan kedua kakinya dari garis gawang sebelum Hubner melakukan tembakannya.

Pertandingan yang ketat

Sementara itu, lewat pertarungan yang melelahkan dan menegangkan, Timnas Indonesia U-23 akhirnya berhasil menyingkirkan Korea Selatan dari Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda melaju ke semifinal setelah menang 11-10 (2-2) lewat adu penalti di Abdullah Bin Khaliffa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024). 

Indonesia tampil luar biasa dalam laga ini. Namun Korea Selatan juga memberikan perlawanan hebat. Bahkan setelah satu pemainnya mendapat kartu merah, Korsel masih mampu menyamakan kedudukan. 

Timnas Indonesia U-23 yang tampil percaya diri memimpin lewat gol Rafel Struick di menit ke-15. Namun gol bunuh diri Komang Teguh menit 45 membuat skor berubah imbang 1-1. Sebelum turun minum, Struick kembali menjebol gawang Korsel dan membawa Garuda Muda memimpin dengan skor 2-1. 

Di babak pertama, Korea Selatan sebenarnya sempat mencetak gol pada menit ke-7. Namun wasit menganulirnya setelah melihat VAR. 

Di babak kedua, Korea Selatan malah kehilangan satu pemain. Lee Youn jun diganjar kartu merah pada menit ke-70. Namun Korsel justru berhasil menyamakan kedudukan pada menit 84 lewat Jeong Sang bin. 

Tak ada gol yang tercipta hingga babak normal usai. Begitu juga di babak perpanjangan waktu. 

Sementara di babak adu penalti, pertarungan kembali sengit karena skor terus imbang hingga kiper ikut menjadi algojo. Indonesia akhirnya memastikan tiket ke semifinal setelah dua penendang berikutnya sukses mencetak gol. Sementara satu penendang Korsel, Kang Hee Lee berhasil dimentahkan Ernando Ari. 

Indonesia menang dengan skor 11-10. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close