Novendra Taklukkan Pecatur Legendaris Asia GM Eugene Torre, Susanto Tumbang di Babak Perdana Pertamina Indonesian GM Tournament 2024

Nusantaratv.com - 24 April 2024

GM Novendra Priasmoro
GM Novendra Priasmoro

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Dua pecatur putra terbaik Indonesia bergelar Grand Master (GM) yakni Susanto Megaranto dan Novendra Priasmoro menorehkan hasil berbeda di laga babak perdana Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 di Artotel Gelora Senayan Jakarta, Selasa (23/4/2024). 

Susanto (elo rating 2504) yang berlaga di kategori GM kandas di tangan unggulan utama dari Australia, GM Temur Kuybakarov (2600).

Sebaliknya, Novendra Priasmoro meraih hasil gemilang dengan menaklukkan pecatur legendaris Asia, GM Eugenio Torre. Eugene Torre yang berasal dari Filipina adalah GM pertama dari benua Asia. 

Di laga lainnya, pecatur muda Indonesia, Master Internasional (MI) Gilbert Elroy Tarigan (2330) menahan remis GM Thien Hai Do 2475 (Vietnam).

Sedangkan pecatur putri terbaik Indonesia MI-gelar pria Medina Warda Aulia 2372, harus mengakui keunggulan MI Xiangyi Liu 2355 (Singapura). 

MI Yosep Theolifus Taher 2445 juga kalah atas MI Uurtsaikh Agibileg 2442 (Mongolia). 

Sementara MI Aditya Bagus Arfan 2407 berhasil memenangkan laga 'perang saudara' melawan MI Azarya Jodi Setyaki 2407. 

Kategori MI

Selain kategori GM, Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 yang memperebutkan total hadiah 20.900 USD atau Rp331 juta juga mempertandingkan kategori MI yang sama-sama diikuti 12 pecatur. 

Pecatur Indonesia MF Cecep Kosasih 2372 sukses menumbangkan wakil Malaysia, MI Peter Long 2285. 

Diikuti MI Mohamad Erfan 2383 yang mendulang poin penuh dari GMW Thi Mai Hung Nguyen 2179 (Vietnam).

MIW Ummi Fisabillah 2187 menahan remis MI Zaw Htun Wynn 2416 (Myanmar). 

Lalu, MF Surya Wahyudi 2308 juga imbang lawan MI Jan Emmanuel Garcia 2408 (Philipina). 

Partai 'perang saudara' MF Agus Kurniawan 2295 versus MF Arif Abdul Hafiz 2311 juga berakhir remis. 

Namun MI Farid Firmansyah 2392 menyerah di tangan MI Khuyagtsogt Itgelt 2408 (Mongolia).

Grand Master Baru

Sebelumnya, saat membuka secara resmi Pertamina Indonesian GM Tournament 2024: Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto berharap dari ajang ini lahir GM baru Indonesia.

“PB Percasi senantiasa berupaya kerja keras menjalankan program pembinaan, salah satunya dengan menghadirkan turnamen Pertamina Grand Master (GM) ini. Kita sadar meski dengan kerja keras kita belum bisa menjadi salah satu kekuatan catur dunia. Tapi kita yakin suatu saat nanti kita akan dapat menjadi kekuatan catur dunia karena kita selalu berusaha dapat menggelar turnamen berkelas seperti Pertamina-Mandiri ini,” kata Utut Adianto.

Utut mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pertamina dan Bank Mandiri yang telah turut berperan memajukan catur Indonesia. Ia berharap kerja sama ini akan terus berlanjut di kemudian hari.

Harapan yang sama juga disampaikan Corporate Brand Pertamina Sandy Nurlita dan Executive Vice President Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman. Turut hadir Sekjen KONI Pusat Ade Lukman dan Staf Ahli Kemenpora Johan Wahyudi.

Pertamina Indonesian GM and IM Tournament 2024 memberi kesempatan kepada para pecatur Indonesia yang ingin meraih gelar GM, MI dan Grand Master Wanita (GMW). Tetapi perjuangan meraih ketiga gelar tertinggi di catur itu  tidaklah mudah. 

Karena dengan rata-rata rating 2436 di kategori GM, sesuai ketentuan federasi catur internasional FIDE syarat meraih norma GM harus membukukan 8 poin dari 11 babak.

Adapun rata-rata rating 2332 di kategori MI menetapkan syarat meraih norma MI harus meraih7,5 poin dari 11 babak, sedangkan norma GMW harus mendulang 7 poin dari 11 babak. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])