Mundur dari Kejuaraan Asia 2024, Hedra/Ahsan: Tidak Qualified ke Olimpiade, Mau Istirahat Dulu

Nusantaratv.com - 27 Maret 2024

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan saat takluk dari ganda putra nomor satu dunia asal India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India), dua gim langsung (18-21 dan 14-21), di babak awal All England 2024, Utilita Arena, Birmingham, Inggris, Rabu (13/3/2024). (Foto: Humas PBSI)
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan saat takluk dari ganda putra nomor satu dunia asal India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India), dua gim langsung (18-21 dan 14-21), di babak awal All England 2024, Utilita Arena, Birmingham, Inggris, Rabu (13/3/2024). (Foto: Humas PBSI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ganda putra senior Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan memutuskan mundur dari Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024.

Kejuraan itu dihelat di Ningbo, China, pada 9-14 April mendatang. Hendra/Ahsan mengungkapkan alasan mereka mundur. Mereka menyebut akan istirahat dulu untuk persiapan menghadapi turnamen bulu tangkis lainnya yang bakal diikutinya pada tahun ini.

"Sudah tidak qualified ke Olimpiade, jadi kami rest dulu, kita latihan dulu untuk persiapan buat next (turnamen lainnya tahun ini)," ungkap Hendra di Pelatnas PP PBSI Cipayung, Jakarta Timur (Jaktim), dikutip dari Antara, Rabu (27/3/2024).

The Daddies, sapaan akrab pasangan ini, berada di peringkat 16 dalam daftar Race to Paris. Bisa dikatakan margin mereka cukup jauh agar bisa lolos ke Olimpiade musim panas mendatang. 

Apalagi, Ahsan/Hendra harus menelan pil pahit setelah kalah di babak awal All England 2024. Mereka takluk dari ganda putra nomor satu dunia asal India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, dua gim langsung (18-21 dan 14-21), di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, Rabu (13/3/2024).

Hasil itu semakin memperkuat keputusan Hendra/Ahsan tersebut. Kendati begitu, mereka berharap masih bisa mengikuti pertandingan di sejumlah turnamen bergengsi pada tahun ini.

"Ya, banyak (turnamen tahun ini). Belum (ada rencana mau mengikuti turnamen apa), dan Mei kayaknya kami bakal mulai lagi (bertanding)," sebut Hendra.

Bicara persaingan menuju Paris, juara dunia tiga kali itu berharap para ganda putra Indonesia lainnya yang sudah lolos maupun tengah mengumpulkan lebih banyak poin di BAC bulan depan bisa tampil maksimal.

"Kans masih ada, ya, untuk BaKri (Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri). Semoga nanti bisa maksimal di Kejuaraan Asia, drawing-nya juga sudah keluar, semoga bisa memenuhi target buat masuk di Olimpiade," timpal Ahsan.

"Karena (Olimpiade) ini, kan, empat tahun sekali, ya, empat tahun lagi kita tidak tahu seperti apa. Mudah-mudahan bisa maksimal," sambungnya.

Sementara mengenai apa yang harus dipersiapkan menjelang Olimpiade 2024 Paris, juara All England Open 2019 itu berharap para atlet bisa mengalihkan fokus sepenuhnya menuju panggung olahraga terbesar di dunia tersebut.

"Ya mungkin harus lebih siap ke mentalnya, sih. Jadi, Olimpiade kan beda sama pertandingan-pertandingan lainnya. Pasti pressure-nya lebih tinggi dan juga butuh benar-benar fokus," jelas Hendra.

"Pastinya ini empat tahun sekali, kesempatan belum tentu datang lagi. Jangan punya pikiran, 'Nanti bisa lagi'. Jadi memang benar-benar (berpikir), 'Kalau enggak sekarang, kapan lagi?' Benar-benar harus sudah fokus dari sekarang," tukas Ahsan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])