Skuad Merah Putih Siap Tempur di Kejuaraan Beregu Asia 2024

Nusantaratv.com - 12 Februari 2024

Tim bulu tangkis Indonesia bakal berlaga di Kejuaraan Beregu Asia (Badminton Asia Team Championship/BATC) 2024, di Selangor, Malaysia, pada 13-18 Februari.  (Istimewa/Humas PBSI)
Tim bulu tangkis Indonesia bakal berlaga di Kejuaraan Beregu Asia (Badminton Asia Team Championship/BATC) 2024, di Selangor, Malaysia, pada 13-18 Februari.  (Istimewa/Humas PBSI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tim bulu tangkis Indonesia bakal berlaga di Kejuaraan Beregu Asia (Badminton Asia Team Championship/BATC) 2024, di Selangor, Malaysia, pada 13-18 Februari. 

Tim Merah Putih berkekuatan 8 pemain putra dan 10 pemain putri, ditambah pelatih, manajer tim, dan tim pendukung. Bertarung di Kejuaraan Beregu Asia 2024, pasukan Pelatnas Cipayung ini dihuni pemain tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Yohanes Saut Marcellyno, dan Alvi Wijaya Chairullah.    

Sementara di nomor ganda diisi Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. 

Sedangkan di tim putri, pada nomor tunggal diperkuat Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Stephanie Widjaja. Kemudian, untuk nomor ganda mengandalkan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari, dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

"Kami tentu siap tempur. Berbekal kebersamaan dan kekompakan, kami siap berjuang," ujar Chico, seperti dirilis dari laman resmi PBSI, Senin (12/2/2024).

Sementara Putri Kusuma Wardani, sebagai salah satu ujung tombak tim putri Indonesia, mengungkapkan perasaan tegang namun optimis menghadapi kejuaraan ini. "Karena di tim sekarang sudah tidak ada Kak Gregoria (Mariska Tunjung). Cuma aku pernah merasakan tampil di nomor beregu. Jadi saat turun sebagai pembuka itu memang susah-susah gampang. Aku hanya ingin bemain baik dan memiliki tekad tidak mau kalahnya harus ada di setiap turun bertanding," kata Putri.

Sementara pemain debutan, Ester Nurumi Tri Wardoyo juga menyatakan siap bertarung dan ingin bermain baik. Dia akan berusaha menyumbang poin setiap diberi kepercayaan saat diturunkan.

"Saya hanya ingin bermain baik. Ini penampilan pertama saya di BATC. Kalau dipercaya tampil, saya akan berusaha bisa menyumbangkan poin untuk tim," sebut Ester.

Adapun pemain ganda, Bagas Maulana menyebut jika dirinya siap untuk tampil di kejuaraan beregu Asia ini. Bersama Muhammad Shohibul Fikri, duet ini siap menjadi andalan untuk menyumbang angka.

"Kami siap tanding dan siap tempur. Targetnya ingin bermain bagus setiap ditampilkan. Kami akan fokus di penyisihan grup dulu," jelas Bagas.

Pada kejuaraan edisi 2022 yang juga digelar di Selangor, Malaysia, tim putri untuk kali pertama tampil sebagai juara usai di final mengalahkan Korea Selatan 3-1. Sedangkan tim putra, harus puas sebagai runner up usai kalah 0-3 dari Malaysia yang turun dengan kekuatan terbaiknya.

Dalam kejuaraan nanti, tim putra Indonesia berada di Grup D bersama Korea Selatan (Korsel), Uni Emirat Arab UEA), dan Arab Saudi. Sedangkan tim putri, yang memegang status juara bertahan, akan bersaing di Grup X melawan Hong Kong dan Kazakhstan.

Tim putra Indonesia akan memulai pertandingannya melawan Arab Saudi pada pertama, yakni pada Selasa, 13 Februari 2024, diikuti pertandingan melawan Uni Emirat Arab pada Rabu, 14 Februari 2024.

Duel paling dinanti akan terjadi pada Kamis, 15 Februari 2024, saat Indonesia menghadapi Korea Selatan, yang diprediksi akan menjadi penentu juara Grup D.

Tim putri Indonesia akan memulai perjuangannya dengan melawan Kazakhstan pada Selasa, 13 Februari 2024, dan melawan Hong Kong pada Kamis, 15 Februari 2024. Kedua pertandingan ini diprediksi akan menjadi langkah penting bagi Indonesia dalam mempertahankan gelar juara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])