MI Gilbert Elroy Tarigan Bersaing Ketat dengan Pecatur Sri Lanka di Puncak Klasemen Tata Steel Asian Junior Open & Girls Chess Championship 2023 India

Nusantaratv.com - 12 September 2023

Master Internasional Gilbert Elroy Tarigan/ist
Master Internasional Gilbert Elroy Tarigan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pecatur junior putra Indonesia Master Internasional (MI) Gilbert Elroy Tarigan menorehkan hasil menggembirakan dalam kiprahnya di turnamen catur internasional bergengsi Tata Steel Asian Junior Open & Girls Chess Championship 2023 yang berlangsung di Jamshedpur, Jharkhand, India, 7-16 September. 

Sampai dengan babak ke-4 dari 9 babak yang dijadwalkan, Gilbert menempati urutan kedua klasemen sementara dengan mengemas 3,5 poin hasil dari 3 kali menang dan satu kali remis, sebagaimana rilis yang dikirim Kabid Humas PB Percasi Urry Kartopati kepada media Selasa (12/9/2023).

Gilbert bersaing ketat dengan pecatur Sri Lanka Master Fide (MF) Ranindhu Dilshan Liyanage (2407) di puncak klasemen sementara yang juga mengoleksi 3,5 poin. 

Sesuai pairing, pada babak ke-5 yang dimainkan hari ini, Selasa (12/9/2023) Gilbert (elo rating 2370) akan menghadapi unggulan utama dari Rusia MI Aleksey Grebnev (2466) yang bermain atas nama FIDE. 

Selain Gilbert, dalam event yang mempertandingkan nomor catur standar atau klasik ini, Indonesia dalam hal ini PB Percasi juga mengirimkan pecatur putri junior Master Fide Wanita (MFW) Samantha Edithso (1816) yang bertanding di kelompok Girls.

Baca juga: Final Piala Dunia Catur 2023: Magnus Raih Gelar Perdana Taklukkan Praggnanandhaa di Tiebreak Game

Namun Samantha gagal meraih hasil maksimal. Karena sampai dengan babak ke-4, juara dunia U-10 FIDE World Cadet Chess Championship di Compostela, Spanyol 2018 itu baru mengoleksi 1,5 poin. Hasil dari satu kali menang, sekali remis dan dua kali kalah. 

Di babak 5 ini Samantha akan menghadapi pemain muda dari India berusia 11 tahun, Nihira Koul (1448). 

Puncak klasemen sementara di kelompok putri didominasi empat pecatur tuan rumah India yang sama-sama mengemas 3,5 poin. 

Sebagai informasi, turnamen Tata Steel Asian Junior Open and Girls Chess Championship 2023 diikuti 58 pemain dikategori Open dan 42 pemain di kategori Girls, dengan sekitar 90 persen peserta merupakan wakil tuan rumah India.

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])