Menuju Kemenangan: Garuda Muda Harus Fokus Mental Jelang Lawan Irak

Nusantaratv.com - 02 Mei 2024

Analis sepak bola, Ronny Pangemanan, dalam program NTV Prime, Kamis (2/5/2024)
Analis sepak bola, Ronny Pangemanan, dalam program NTV Prime, Kamis (2/5/2024)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada laga perebutan juara tiga Piala Asia U-23 2023/24 yang berlangsung di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Kamis (2/5) pukul 22.30 WIB.

Tentunya ini akan menjadi laga yang sengit. Mengingat, kedua tim sama-sama berburu posisi ketiga demi mendapatkan tiket menuju Olimpiade 2024 Paris.

Analis sepak bola, Ronny Pangemanan, memberikan tanggapan mengenai kekuatan kedua tim yang akan berlaga. Ia mengibaratkan kedua kubu seperti tim yang terluka setelah kalah di semifinal Piala Asia U-23 2024. 

Menurutnya, tim Garuda Muda harus segera pulih mentalnya karena mereka masih memiliki peluang meraih kemenangan.

"Inikan ibaratnya dua tim yang terluka, bermain kalah di semifinal, saat ini diminta untuk cepat bisa memulihkan mental, karena kemarin memang penampilan tim kita tidak sebagus ketika lawan korea selatan," ujar Ronny saat diundang sebagai narasumber di Nusantara TV.

Ronny menilai, kekalahan Indonesia dari Uzbekistan di semifinal kemarin karena faktor mental.

"Kalau memang tidak ada gol dianulir dari Ferrari, itu akan lain kompetisinya, artinya mental kita akan kuat, kita akan bermain dengan habis-habisan untuk mempertahankan gol itu. Setelah gol itu dianulir baru anak-anak drop, kelihatan saat bermain," tambah Ronny.

Dia pun optimistis Timnas Indonesia U-23 bisa meraih kemenangan. "Kita harus bisa menyelesaikan pertandingan dalam waktu 90 menit, kalau bicara skor tidak perlu muluk-muluk, tidak perlu skor yang telak, satu kosong (1-0) atau dua satu (2-1) sudah cukup. Yang penting judulnya, themanya kita menang," ungkap Analis sepak bola tersebut.

Sebelumnya Manajer Timnas Indonesia U-23, Sumardji, pada saat diundang sebagai narasumber di Nusantara TV,  juga menegaskan bahwa para pemainnya siap tempur habis-habisan dalam pertandingan melawan Irak.

"Secara keseluruhan kondisi para pemain semuanya sudah siap tempur, ibaratnya benar-benar mau bertempur habis-habisan, karena prinsipnya kita tidak mau ada play off, sehingga ya hari ini kita harus mati-matian lah dan kita akan perjuangkan," kata Sumardji.

Manajer Timnas Indonesia U-23, Sumardji.

Kemenangan melawan Irak dan meraih tiket olimpiade menjadi harga mati bagi Indonesia. Apalagi masyarakat pecinta sepak bola di Tanah Air juga sudah sangat rindu skuad Garuda tampil di Olimpiade.

Rafael Struick juga dipastikan bakal kembali tampil memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Irak pada laga perebutan juara tiga Piala Asia U-23 2024.

Kehadiran Rafael Struick pada laga nanti tentunya membuat pelatih Shin Tae-yong tenang. Pasalnya, sang pemain merupakan andalan Garuda Muda di lini depan.

Tercatat, pemain berusia 21 tahun itu sudah mencetak dua gol untuk Timnas Indonesia saat menghadapi Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Sebagai informasi, pemenang laga ini akan mendapat satu tiket tersisa ke Olimpiade Paris 2024.

Sedangkan untuk tim yang kalah bakal menantang peringkat keempat Piala Afrika U-23 2024, Guinea di babak play-off pada 9 Mei mendatang.

Selain itu, Ronny juga membahas beberapa topik lain seputar timnas Indonesia U-23. Selengkapnya bisa Anda saksikan melalui rekaman video program NTV Prime di Bawah ini.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close