Mental Bertanding Timnas Indonesia U-23 Sudah Terasah Hadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Nusantaratv.com - 28 April 2024

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia U-23 percaya diri menghadapi duel melawan Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024). Jalan terjal yang dilalui sejak fase grup membuat mental bertanding Garuda Muda terus meningkat hingga saat ini.

Hal ini disampaikan Pelatih Garuda Muda, Shin Tae-yong dalam jumpa pers jelang pertandingan di Doha, Qatar, Minggu (28/4/2024). Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan, timnas Indonesia U-23 juga sudah siap bertemu Uzbekistan U-23.

“Grup A merupakan salah satu grup terkuat di kompetisi ini. Kami kalah sekali dan menang dua kali,” kata Shin Tae-yong. 

“Level kepercayaan diri kami meningkat lalu, kami bertemu Korea Selatan di perempat final. Ini laga yang sangat berat. Dalam laga ini kami tampil lebih baik dari Korea. Tapi kami harus melalui extra time dan kami berhasil menang dan level kepercayaan diri kami meningkat lagi,” beber STY. 

Indonesia memang menjalani laga yang tak mudah sejak fase grup. Di laga perdana, Garuda Muda kalah secara kontroversial 0-2 melawan tuan rumah Qatar. Beruntung, Indonesia berhasil bangkit dan mengalahkan Australia 1-0 di laga kedua sebelum menang telak 4-1 di laga terakhir melawan Yordania. 

Perjuangan Garuda Muda di perempat final juga tidak mudah. Mereka harus berhadapan dengan raksasa Asia, Korea Selatan. Setelah bermain imbang 2-2 hingga perpanjangan waktu, Timnas Indonesia U-23 akhirnya menang 11-10 dalam drama adu penalti. 

Menurut Shin Tae-yong, pertandingan semifinal juga tidak akan mudah. Sebab Uzbekistan juga bukan tim sembarangan. STY sempat menyaksikan penampilan Uzbekistan saat bertemu Arab Saudi di babak perempat final.

Saat itu, Uzbekistan menang dengan skor 2-0. 

"Kami datang langsung ke stadion menyaksikan pertandingan Uzbekistan melawan Arab Saudi. Uzbekistan tim yang sangat bagus. Performa mereka stabil, terorganisasi dengan baik, dan sangat disiplin,” kata Shin Tae-yong.

“Mungkin semifinal nanti tidak akan mudah. Tapi kami sudah sejauh ini. Dalam kondisi yang baik dan saya ingin memberikan performa terbaik dan hasil terbaik,” beber STY. 

Timnas Indonesia U-23 akan melawan timnas Uzbekistan U-23 di babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Pertandingan ini kembali digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.

Selain lolos ke final, tim pemenang bakal otomatis melaju ke Olimpiade Paris 2024. Sementara yang kalah masih berpeluang ke Paris lewat perebutan tempat ketiga.  

Kedua tim tentu sudah menyiapkan skuad terbaiknya dalam laga ini. Sayang, Garuda Muda tidak akan diperkuat striker andalannya, Rafael Struick. 

Struick bakal absen karena harus menjalani skorsing setelah mendapatkan dua kartu kuning masing-masing di penyisihan grup Piala Asia U-23 kontra Timnas Yordania U-23 dan di perempat final melawan Timnas Korea Selatan U-23.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])