Vietnam vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Shin Tae-yong Ingin Rontokkan Keangkeran My Dinh

Nusantaratv.com - 25 Maret 2024

Timnas Indonesia saat berlatih di Hanoi jelang pertandingan melawan Vietnam pada lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2006, Selasa (26/3/2023). (sumber: PSSI)
Timnas Indonesia saat berlatih di Hanoi jelang pertandingan melawan Vietnam pada lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2006, Selasa (26/3/2023). (sumber: PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com- Timnas Indonesia kembali bersua Vietnam pada lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Kedua tim akan bertarung di My Dinh Stadium, Selasa (26/3/2024).

Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Golden Warrios sekaligus mengemas poin penuh perdana sepanjang babak penyisihan grup F. Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 21 Maret lalu, Indonesia unggul 1-0 lewat gol semata wayang Egy Maulana Vikri menit ke-52.

Kemenangan ini sekaligus mengantar timnas Indonesia ke posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi 4 poin dari tiga kali pertandingan. Meski unggul atas Vietnam di GBK, bukan berarti perjalanan Tim Merah Putih di Vietnam bakal mudah. Sebab tuan rumah punya rekor fantastis saat menjamu Tim Garuda di kandangnya.

Seperti dilansir dari Vnexpress, sejak 2004, tim yang saat ini ditangani oleh Philippe Troussier tak terkalahkan di My Dinh Stadium sejak 2004. Terakhir kali Vietnam takluk di kandang atas Indonesia dengan skor 0-3 terjadi pada babak penyisihan grup AFF Cup 2004 lalu.

Setelah itu, Indonesia setidaknya sudah enam kali menyambangi My Dinh Stadium dengan rekor bertanding empat kali seri dan dua kali kalah. 

Kekalahan terakhir dialami Indonesia pada babak semifinal Piala AFF 2022. Saat itu, tim Merah Putih kalah dua gol tanpa balas kepada tuan rumah. 

Striker andalan Indonesia, Marcelino Ferdinand tidak bisa lupa akan kenangan buruk yang diawali oleh gol cepat Nguyen Tien Linh pada menit ketiga itu. Dia pun tidak ingin mengulang hal itu saat bersua Vietnam pada laga nanti. “Kami kebobolan gol cepat, mungkin karena kami kurang fokus,” katanya. 

“Sekarang kami sadar, bermain di Hanoi itu tidak mudah,” bebernya. 

Ferdinand menambahkan, tim Merah Putih bertolak ke Vietnam dengan kondisi mental yang terjaga. Hal ini juga dibenarkan oleh asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto yang juga ikut mendampingi tim Merah Putih. Menurutnya, Vietnam tidak pantas dianggap enteng meski Indonesia menang dalam dua laga beruntun. Sebelumnya, Indonesia seperti diketahui juga berhasil mengalahkan Vietnam pada penyisihan Piala Asia 2023, Januari lalu.

“Betul, sudah cukup lama Indonesia tidak menang di My Dinh Stadium. Saya akan berusaha membuktikan, kami bisa menang di sini,” kata pelatih kepala, Shin Tae-yong menimpali. Kemenangan atas Vietnam juga akan menjaga peluang Indonesia untuk lolos ke fase ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Di grup F, Indonesia juga akan menjamu Irak dan Filipina di kandang sendiri. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])