Khansa Syahlla Ingin Jadi Pendaki Termuda di Asean yang Taklukkan Aconcagua

Nusantaratv.com - 19 Januari 2024

Menpora Dito Ariotedjo melepas pendaki muda Khansa Syahlla yang ingin melakukan gunung Aconcagua di Argentina
Menpora Dito Ariotedjo melepas pendaki muda Khansa Syahlla yang ingin melakukan gunung Aconcagua di Argentina

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Khansa Syahlla, seorang pendaki berusia 18 tahun berencana untuk menaklukkan puncak gunung tertinggi di benua Amerika, yang berada di negara Argentina, Aconcagua.

Gunung Aconcagua yang berada di Argentina memiliki ketinggian sekitar 6.992 MDPL. Rencananya, perempuan yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) itu akan menaklukkan gunung tersebut pada akhir Januari mendatang.

Niat Khansa untuk berada di atas puncak Aconcagua juga mendapat dukungan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang secara resmi melepasnya pada Kamis (18/1/2024).

"Hari ini kami telah kehadiran pendaki muda kita, Khansa dan ayahnya Ibnu, yang akan mendaki gunung, salah satu dari seven summits dunia, di Argentina. Ini kami lepas secara resmi, karena ekspedisi kali ini, Kemenpora mendukung," kata Dito.

Sementara itu, Khansa mengatakan dirinya memiliki tekad yang bulat untuk menaklukan puncak Aconcagua. Sebab, jika berhasil Ia akan menjadi pendaki perempuan termuda dari Asia Tenggara.

Meski begitu, Ia juga tak mau terlalu terbuai dengan angan-angannya. Sebab, pendakian Aconcagua memakan waktu sekitar 15 hari dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan cukup menantang.

"Dengan mendaki Gunung Aconcagua ini, saya akan menjadi perempuan termuda dari Asia Tenggara yang mencapai puncak Argentina," ujar Khansa.

"Tapi gunung ini memiliki tantangan yang sangat banyak, mulai dari ketinggiannya yang memakan waktu sekitar 15 hari pendakian dengan 12 mendaki 2 hari turun, disana suhu dingin serta anginnya kenceng, dan cuaca yang tidak bisa ditebak," kata Khansa.

Perempuan yang menjalani pendidikan di SMA Labschool Rawamangun itu juga sudah melakukan banyak persiapan sebelum mendaki Gunung Aconcagua.

Persiapan itu tidak lain adalah dengan mendaki beberapa gunung di tanah air, termasuk Gunung Argopuro, yang merupakan gunung dengan waktu jelajah cukup panjang.

"Saya sudah melakukan persiapan, seperti tektok (tampa camping) Gunung Argopuro yang normalnya 5 hari, saya bisa dalam 18 jam," kata perempuan yang telah menaklukkan Puncak Elbrus itu.

"Lalu untuk pendakian gunung, dari pendakian gunung ke 77 sampai gunung 89, kira-kira ada 12 gunung yang menjadi latihan untuk mencapai Gunung Aconcagua ini, semoga pendakian ini bisa berjalan lancar dan bisa kembali ke rumah dengan selamat," harapnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])