Kelvin Kiptum dan Pahlawan Olahraga yang Tewas Akibat Kecelakaan

Nusantaratv.com - 12 Februari 2024

Kelvin Kiptum/Instagram
Kelvin Kiptum/Instagram

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Dunia olahraga dunia sedang dikejutkan dengan kabar meninggalnya pemegang rekor dunia marathon, Kelvin Kiptum. Pria kelahiran Kenya 2 Desember 1999 silam itu meninggal akibat kecelakaan tunggal di Kaptagat, Barat Daya Kenya, pada Minggu (11/2) malam waktu setempat.

Sedikitnya ada 3 korban pada kecelakaan tersebut. Pertama Kiptum, kedua pelatihnya Gervais Hakizimana yang meninggal. Sementara seorang lagi dikabarkan selamat dan dilarikan ke sebuah rumah sakit terdekat.

Kecelakaan dikabarkan terjadi ketika Kiptum yang mengendarai mobil mengalami kehilangan kontrol sehingga mobil menabrak pohon. 

Kiptum diketahui seorang atlet pemegang rekor marathon dunia. Ia menjadi pelari yang bisa menempuh marathon dalam waktu di bawah 2 jam 1 menit, yang hebatnya dilakukan bertahap dalam rentang waktu Desember 2022 hingga Oktober 2023. Ia membuat 3 dari 7 waktu tercepat di marathon.

Dunia olahraga dunia, selain kehilangan sosok Kiptum, juga pernah kehilangan sejumlah pahlawan olahraga akibat kecelakaan.

Kiptum menambah daftar panjang atlet di dunia yang meninggal akibat kecelakaan.

Yang masih hangat dalam ingatan adalah bagaimana pebasket Kobe Bryant meninggal akibat kecelakaan. 

Sang legenda Los Angeles Lakers dan meraih lima gelar juara NBA di sepanjang kariernya itu tewas akibat kecelakaan helikopter pada 26 Januari 2020.

Tragedi itu turut merenggut nyawa putri Kobe Bryant,  Gianna, yang kala itu baru berusia 13 tahun.

Menyusul kemudian ada juga mantan pesepakbola asal Spanyol, Jose Antonio Reyes.

Pesepakbola yang pernah merumput di Sevilla dan Arsenal itu meninggal dunia pada 1 Juni 2019 pada usia 35 tahun karena kecelakaan mobil. 

Dia berkendara bersama sepupunya, Juan Manuel Calderon, dari Utrera ke Seville dan meninggal di tol dekat Alcala de Guadaira, bagian selatan Spanyol.

Masih ada lagi atlet yang tewas akibat kecelakaan yaitu Nicky Hayden. Mantan pembalap MotoGP dari Repsol Honda ini pernah menjadi juara dunia MotoGP sekali sepanjang kariernya, yang terjadi pada tahun 2006 silam.

Pada 17 Mei 2017, Hayden meninggal dunia karena ditabrak mobil saat sedang mengendarai sepedanya di dekat Rimini, Italia. Hayden mengalami trauma berat pada otaknya dan kerusakan hingga hancurnya berbagai tulang belakang, yang disebutkan sebagai penyebab kematiannya.

Ada pula pesepakbola muda yang pernah memperkuat tim Manchester United yaitu Jimmy Davis.

Dia meninggal dunia pada usia 21 tahun pada 9 Agustus 2003 akibat kecelakaan mobil di jalan tol.

Dari dalam negeri, terdapat atlet bulutangkis yakni Syabda Perkasa Belawa. Atlet bulu tangkis Indonesia untuk nomor tunggal putra itu meninggal dunia pada usia 21 tahun karena kecelakaan di Tol Pemalang, Senin 20 Maret 2023.

Bersama dengannya, turut meninggal dunia pula sang ibu. Mereka sedang dalam perjalanannya menuju Sragen untuk berziarah atas meninggalnya sang nenek ketika mengalami kecelakaan tersebut.**

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])