Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2024, Tim Putra Indonesia Gilas Arab Saudi 5-0

Nusantaratv.com - 13 Februari 2024

Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri saat berlaga pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 di Selangor, Malaysia, Selasa (13/2/2024). (Humas PBSI)
Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri saat berlaga pada Kejuaraan Beregu Asia 2024 di Selangor, Malaysia, Selasa (13/2/2024). (Humas PBSI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tim bulutangkis putra Indonesia berhasil menggilas Arab Saudi dengan skor telak 5-0 pada Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (Badminton Asia Team Championship/BATC) 2024 pada laga pertama Babak Penyisihan Grup D.

Melakoni pertandingan di Setia City Convention Centre, Shah Alam, Selangor, Malaysia, Selasa (13/2/2024), tim putra Indonesia menurunkan kekuatan terbaik. Di nomor tunggal terdapat Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, dan Yohanes Saut Marcellyno.

Sementara di nomor ganda diperkuat Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Di partai pertama, Chico berhasil menuntaskan laga dengan menaklukan Mahd Shaikh dengan skor 21-6 dan 21-10 dalam pertandingan dua gim langsung.

Indonesia memperbesar keunggulan atas Arab Saudi. Hasil itu didapat setelah Alwi tanpa kesulitan melibas Muath Alghamdi dua gim langsung dengan skor 21-2 dan 21-10, di partai kedua.

Sementara Yohanes, yang turun pada laga ketiga memastikan kemenang usai menghentikan langkah Yazan Saigh dua gim langsung dengan skor 21-3, 21-2. Dia bersyukur dipercaya dan berhasil menyumbangkan angka bagi tim. Dia mengaku sempat tegang, mengingat ini penampilan pertama di kejuaraan beregu.  

"Saya akhirnya mampu mengatasi ketegangan seperti pada pertandingan-pertandingan sebelumnya," ujar Yohaes, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI, Selasa (13/2/2024).

"Tegang itu muncul karena saya beranggapan, tidak ada lawan yang lebih rendah atau di atas saya kemampuannya. Saya tidak boleh memandang remeh lawan. Saya akhirnya bisa lebih fokus pada diri sendiri dan bisa bermain normal," sambungnya.

Sedangkan di nomor ganda, duet Leo/Daniel dan Bagas/Fikri juga berhasil menuntaskan tugas mereka dengan sempurna. Leo/Daniel menang atas pasangan Muath Alghamdi/Almaki Fahad dua gim langsung dengan skor 21-5 dan 21-4.

"Tadi kami bermain enjoy, lebih ke menikmati permainan karena kami tahu bagaimana kemampuan permainan lawan. Bukannya kami sombong, tetapi realitis kemampuan kami lebih di atas mereka. Tetapi, jangan lupa, kami tetap harus me-support mereka," ucap Leo.

Hal senada diungkapkan Daniel. Dia meyampaikan, penting untuk terus bersikap rendah hati dan fokus untuk terus memperbaiki diri, terlepas dari siapa pun lawan yang akan dihadapi.

"Pertandingan ke depan pasti akan lebih berat. Jadi semuanya harus ditingkatkan, termasuk adaptasinya dengan lapangan. Jadi kami harus lebih fokus dan tidak boleh memandang remeh lawan," timpal Daniel.

Sedangkan duet Bagas/Fikri sukses menumbangkan Yazan Saigh/Mahd Shaikh dalam laga dua gim langsung dengan skor 21-7 dan 21-7. "Untuk menghadapi pertandingan besok, semoga kami bisa tampil lebih fokus dan tambah semangat. Semoga pula kami bisa tampil lebih baik dan menyumbang poin lagi," tukas Fikri.

Hasil ini membuat tim putra dan putri Indonesia sama-sama membukukan skor telak 5-0 di pertandingan pertama fase grup. Sebelumnya, tim putri Indonesia juga menang telak 5-0 atas Kazakhstan.

Selanjutnya, Chico dkk bakal menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) pada Rabu, 14 Februari 2024. Dan, duel paling dinanti akan terjadi pada Kamis, 15 Februari 2024, saat Indonesia menghadapi Korea Selatan (Korsel). 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])