Kabar Buruk Hampiri Timnas Indonesia U-23 Jelang 8 Besar Piala Asia U-23 2024: Nathan Tjoe-A-On Pulang ke Belanda

Nusantaratv.com - 22 April 2024

Nathan Tjoe-A-On tidak bisa tampil di babak delapan besar Piala Asia U-23 2024. (dok PSSI)
Nathan Tjoe-A-On tidak bisa tampil di babak delapan besar Piala Asia U-23 2024. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Kabar buruk hampiri timnas Indonesia U-23 jelang delapan besar Piala Asia U-23 2024. Salah satu pilar andalannya, Nathan Tjoe-A-on tidak bisa tampil pada laga krusial tersebut. 

Indonesia seperti diketahui baru saja mengukir sejarah dengan melaju ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda lolos meski sempat kalah 0-2 di laga pertama melawan Qatar. 

Keberhasilan Indonesia melaju ke fase knock out dipastikan setelah di laga terakhir Grup A menang 4-1 atas Yordania, Minggu (21/4/2024). Indonesia yang sebelumnya juga menang 1-0 atas Australia berhasil mengunci posisi runner up Grup A dengan 6 poin.

Nathan jadi bagian penting dalam keberhasilan Timnas Indonesia U-23 ke babak delapan besar. Peran pemain naturalisasi asal Belanda itu tidak tergantikan sejak laga pertama melawan Qatar. 

Awalnya Nathan masuk sebagai pemain pengganti. Dia mulai dipercaya menempati posisi starter menggantikan Ivar Jenner pada pertandingan kedua melawan Australia. Pada laga penentuan melawan Yordania, Nathan kembali mendapat kesempatan tampil sejak menit pertama.

Dia menemani Jenner memperkuat lini tengah Garuda Muda.

Shin Tae-yong tentu sangat berharap Nathan bisa kembali tampil pada babak 8 besar nanti. Apalagi, timnas Indonesia U-23 sudah ditunggu oleh salahh satu raksasa Asia, Jepang atau Korea Selatan. Kedua negara akan bentrok malam ini untuk menentukan juara di grup B.  

Sayang pelatih asal Korea Selatan itu terpaksa harus mencari alternatif lain. Sebab, Nathan harus kembali ke Belanda untuk memperkuat klub Heernveen pada lanjutan Liga Belanda musim ini. 

Anggota eksekutif PSSI, Arya Sinulingga dalam rekaman suara yang dikirmkan kepada wartawan mengatakan, kalau pihaknya memang sangat kesulitan untuk mendapatkan izin Nathan dari Heerenveen. Klub Eredivisie itu sejak awal sangat menolak untuk melepas Nathan ke Timnas Indonesia U-23 karena Piala Asia U-23 2024 memang bukan agenda resmi FIFA.

Namun berkat lobi-lobi yang dilakukan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Nathan akhirnya diizinkan bergabung sampai Indonesia lolos ke babak 8 besar saja. "Sejak awal mereka memang berat betul uuntuk melepas Nathan. Namun pak ketua (Erick Thohir) minta paling tidak lolos 8 besar lah. Karena itu memang jadi target awal kita," beber Arya Sinulingga, Senin (22/4/2024).

"Sekarang sudah lolos grup, dan memang itu yang kami lobi ke klubnya Nathan, usaha yang kami buat," beber Arya menambahkan.

Indonesia akan tampil di babak 8 besar Piala Asia U-23 2024 pada 25 April 2024. Sebagai runner up grup A, Garuda Muda akan bertemu juara grup B yang masih diperebutkan Jepang dan Korsel.

Berikut ini adalah jadwal babak semifinal Piala Asia U-23 2024:

Kamis, 25 April 2024
21.00 WIB - Qatar U-23 vs Runner-up Grup B

Jumat, 26 April 2024
00.30 WIB - Juara Grup B vs Indonesia U-23
21.00 WIB - Juara Grup C vs Runner-up Grup D

Sabtu, 27 April 2024
00.30 WIB - Juara Grup D vs Runner-up Grup C

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])