IBL Musim 2024 Terapkan Format Laga Kandang Tandang Mulai Januari

Nusantaratv.com - 09 Oktober 2023

Indonesia Basketball League
Indonesia Basketball League

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Indonesia Basketball League (IBL) 2024 dijadwalkan bergulir mulai Januari. Kejuaraan bola basket paling bergengsi di Tanah Air itu bakal menerapkan format laga kandang tandang di babak play off dan seri reguler.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama LIB Junas Miradiarsyah dalam acara bincang-bincang dengan pewarta, di kawasan Jakarta Pusat, Senin (9/10/2023) sore.

"Insyaallah kompetisi akan dimulai Januari, jika enggak terganggu jadwal kampanye Pemilu, dengan format home and away. Kompetisi akan berjalan selama tujuh bulan sehingga liganya lebih panjang," kata Junas.

Junas menjelaskan, pada bulan Februari 2024, IBL akan jeda sementara. Namun bukan karena adanya pemilu, tapi karena ada jadwal FIBA Asia Cup Qualifier window. Selain itu, IBL juga kembali libur saat Idul Fitri.

"Kita jeda saat FIBA Asia Cup Qualifier window. Kalau untuk puasa kita tetap jalan, kecuali Lebaran," ujarnya.ii

Sementara format playoff akan tetap menerapkan format best of three seperti pada musim sebelumnya. Hanya saja total keseluruhan pertandingan IBL musim depan menjadi 240 pertandingan. Untuk jadwal semifinal dan final akan dilakukan pada bulan Agustus 2024.

"Kenapa enggak best of five atau seven? Jawabannya: kalau klubnya sudah untung, semakin senang. Tapi kalau masih rugi, ya sulit," Junas menjelaskan.

Berikut jadwal sementara IBL 2024:

Januari : Seri Reguler IBL 2024 mulai 10 Januari (home and away)

Februari : IBL seri reguler home and away (break windows qualifier)

Maret : Seri reguler (IBL All Star)

April - Juni : Seri Reguler

Juli : Babak Playoff

Agustus : Semifinal dan Final (home and away)

September : IBL Goes to School (12 September sampai 12 Oktober)

Oktober : IBL 3x3 (14 September sampai 13 Oktober)

November : Musim IBL 2025

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])