Final IBL 2023 Bakal Tercipta Sejarah Baru

Nusantaratv.com - 18 Juli 2023

Konferensi pers menjelang final IBL 2023
Konferensi pers menjelang final IBL 2023

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Partai puncak Indonesia Basketball League (IBL) mempertemukan dua klub hebat, yakni Pelita Jaya Bakrie dengan Prawira Harum Bandung.

Final IBL 2023 itu akan berlangsung dengan sistem best of three dan home and away. Pelita Jaya (PJ) akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah di Britama Arena, Kamis (20/7/2023).

Untuk diketahui, Pelita Jaya lolos ke partai final setelah mengalahkan juara bertahan Satria Muda Jakarta dengan skor 2-0. Sedangkan Prawira sukses mengandaskan perlawanan Dewa United dengan sapu bersih dua game langsung.

"Ini partai final yang ideal karena mempertemukan peringkat 1 lawan 3 di musim reguler. Rekor mereka juga sangat kuat dengan 27 menang dan 3 kali kalah saja. Di babak play-off Pelita Jaya dan Prawira juga sama-sama menyapu bersih lawan-lawannya," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, Selasa (18/7/2023).

Pertemuan Pelita Jaya dengan Prawira Bandung di partai final IBL 2023 juga dipastikan akan menciptakan sejarah baru.

Tercatat, selama ini Prawira belum pernah menjadi juara IBL. Terakhir kali tim bola basket asal Bandung itu juara kompetisi saat era Kobatama tahun 1998.

Sementara itu, Pelita Jaya juga akan mengukir sejarah sebagai tim pertama yang sukses mengawinkan gelar menjuarai turnamen pramusim dan IBL.

Sebab, selama ini tim yang sukses menjuarai kompetisi pramusim tidak akan mungkin bisa merebut juara IBL. Hal itu seperti kutukan di IBL.

Namun tak menutup kemungkinan Pelita Jaya bisa mencatat sejarah baru dengan menjadi tim pertama yang akan mengawinkan gelar juara.

"Pertemuan tim Jakarta dan Bandung ini akan menarik. Karena kedua kota ini merupakan market terbesar IBL. Konsep home and away juga akan menjadi sesuatu yang berbeda," kata Junas.

"Pelita Jaya punya kans mengawinkan gelar jika berhasil mengalahkan Prawira. Sama juga, Prawira juga bisa mencetak sejarah baru. Prawira bisa mengukir kesempatan mengakhiri puasa gelar selama 25 tahun," pungkas Junas. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])