Dwi Tarung Japfa Chess Festival International ke-13: Dewi Remis, Theodora Menang di Babak 1

Nusantaratv.com - 19 Oktober 2023

Pecatur putri Indonesia Grand Master Wanita (GMW) Dewi AA Citra (kanan) bermain remis dengan lawannya GMW dari Vietnam Nguyen Thi Mai Hung pada babak 1 Dwi Tarung Japfa Chess Festival International ke-13
Pecatur putri Indonesia Grand Master Wanita (GMW) Dewi AA Citra (kanan) bermain remis dengan lawannya GMW dari Vietnam Nguyen Thi Mai Hung pada babak 1 Dwi Tarung Japfa Chess Festival International ke-13

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pecatur putri Indonesia Grand Master Wanita (GMW) Dewi AA Citra sepakat berbagi angka 0,5-0,5 setelah bermain remis dengan lawannya GMW dari Vietnam Nguyen Thi Mai Hung pada laga babak 1 dwi tarung Japfa Chess Festival ke-13, Rabu (18/10/2023). 

Sementara dalam dwi tarung lainnya yang memainkan catur kilat 3 menit plus increament 2 detik secara mengejutkan Theodora Walukow berhasil mengalahkan lawannya GMW dari Filipina Janelle Mae Frayna. 

Dalam laga catur standar atau klasik yang berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta tersebut Dewi AA Citra mendapat giliran bermain dengan buah hitam. 

Dewi dan Mai Hung memang memiliki kekuatan yang berimbang. Elo rating kedua pemain juga tidak terpaut terlalu jauh. Dewi yang mengantongi rating 2256 unggul 30 poin atas Mai Hung dengan rating 2226.

Keduanya sepakat remis karena menyadari sulit untuk memaksakan kemenangan. Pada posisi terakhir Dewi dan Mai Hung memiliki materi yang sama yaitu satu Benteng, satu Kuda dan satu Gajah putih dengan 6 bidak. Namun posisi bidak yang dimiliki Dewi sedikit lebih baik karena saling mengikat. Sedangkan Mai Hung memiliki pion tumpuk di B2 dan B3.

Dewi dan Mai Hung kembali akan bertanding pada babak ke-2, Kamis (19/10/2023). Sesuai pairing giliran Dewi memainkan buah putih. Keduanya akan bertanding selama 6 babak. 

"Pemenang dwi tarung ini akan mendapatkan hadiah 1500 USD sementara yang kalah kebagian 1000 USD," kata Ketua Panitia Japfa Chess Festival ke-13 yang juga Sekretaris Jenderal PB Percasi, Henry Hendratno.

Baca juga: JAPFA Chess Festival ke-13 Resmi Dibuka, Peserta Membludak Tembus 472 Pecatur  

Theodora Walukow

Sementara itu dwi tarung lainnya yang mempertandingkan catur kilat 3 menit plus increament 2 detik pecatur Indonesia Theodora Walukow sukses menaklukkan GMW dari Filipina, Janelle Mae Frayna. 

Bermain dengan buah putih, Theodora yang merupakan juara dunia catur antar pelajar 2015 di Brasil berhasil menskakmat Raja Frayna dalam laga yang digelar secara online tersebut. 

Dalam dwi tarung ini Theodora dan Frayna akan bertanding selama 8 babak yang terdiri dari 2 babak catur kilat dan 6 babak catur cepat (rapid).

Setelah memainkan catur kilat di babak pertama, selanjutnya Theodora dan Frayna akan bertanding catur cepat 10 menit plus increament 15 detik selama 6 babak. Di babak akhir atau babak ke-8 keduanya kembali akan bertanding dalam format catur kilat.

Pemenang laga ini bakal mendapatkan hadiah 600 USD sementara yang kalah kebagian 400 USD.

Bersama dengan gelaran dwi tarung internasional, Japfa Chess Festival ke-13 juga memulai pertandingan di 12 katagori lainnya. Mulai dari junior putra-putri, veteran 55 tahun ke atas, non-master, antar perusahaan atau instansi dan katagori Open yang diikuti para pecatur top Indonesia antara lain GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro dan GM Cerdas Barus. 

Total ada 472 peserta yang mengikuti Japfa Chess Festival ke-13. Dengan total hadiah mencapai Rp265 juta.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])