Dijegal Guinea Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Pemerintah Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia U-23

Nusantaratv.com - 10 Mei 2024

Timnas Indonesia U-23 takluk 0-1 dari Guinea, di Stade Pierre Pibarot, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, pada Kamis (9/5/2024).  (Foto: PSSI)
Timnas Indonesia U-23 takluk 0-1 dari Guinea, di Stade Pierre Pibarot, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, pada Kamis (9/5/2024).  (Foto: PSSI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia U-23 takluk 0-1 dari Guinea, di Stade Pierre Pibarot, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, pada Kamis (9/5/2024). 

Kekalahan ini membuyarkan mimpi skuad Garuda Muda berlaga di Olimpiade 2024 Paris. Indonesia terakhir kali tampil pada Olimpiade 1956 Melbourne, Australia.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan apresiasi tinggi atas perjuangan Pratama Arhan dan kawan-kawan meski kalah 0-1 dari Guinea U-23. 

"Kita sangat apresiasi. Anak-anak sudah bermain bagus. Artinya ada lompatan besar atas penampilan mereka dari event-event sebelumnya," ujar Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Raden Isnanta usai nonton bareng (nobar) di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, dikutip Jumat (10/5/2024). 

Menurutnya, Garuda Muda sudah memberikan segalanya. Mulai dari penampilan di Piala Asia U-23 hingga ke babak play-off Olimpiade 2024. 

"Kerja keras mereka sangat luar biasa. Tentu pencapaian ini sudah membanggakan. Lawan yang kita hadapi Guinea juga tampil bagus," sambungnya. 

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, performa pasukan Shin Tae-yong selama gelaran Piala Asia U-23 sudah sangat baik. Hal ini, jelas Isnanta, menandakan generasi sepak bola Tanah Air kedepan sangat menjanjikan.

"Apalagi para pemain kita ini kan masih muda. Jadi ini adalah harapan kita di masa yang akan datang. Mereka sudah bagus, pengalaman internasionalnya juga semakin bertambah," imbuhnya.

Isnanta menambahkan, skuad Merah Putih hanya kurang beruntung di laga pamungkas dalam memperebutkan tiket Olimpiade tahun ini. Segala percobaan sudah dilakukan, tapi belum berbuah gol.

"Kita lihat tadi permainannya sangat rapi. Banyak serangan, lalu beberapa kali lemparan jarak jauh Arhan juga dilakukan, tapi belum bisa bikin gol," urainya. 

Dia berpesan agar Marselino Ferdinan dan kawan-kawan terus berproses. Banyak agenda-agenda timnas Indonesia kedepannya. Diharapkan mereka dapat meningkatkan performanya. 

"Tetap semangat, jangan kecewa. Timnas Indonesia sudah main bagus. Kemenpora akan tetap terus mendukung kemajuan sepak bola Tanah Air. Kami juga akan melakukan upaya-upaya pembinaan dari bawah," tukas Isnanta.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])