Dewa United Hentikan Dominasi Satria Muda di IBL Seri 4

Nusantaratv.com - 25 Februari 2023

Pebasket Dewa United Banten Lucky Abdi Pasondok (kanan) berusaha melewati hadangan pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Antoni Erga (kiri) pada pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) 2023 Seri IV di Gor Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (25/2/2023). Dewa United Banten menang atas Satria Muda Pertamina Jakarta dengan skor 88-74. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.
Pebasket Dewa United Banten Lucky Abdi Pasondok (kanan) berusaha melewati hadangan pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Antoni Erga (kiri) pada pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) 2023 Seri IV di Gor Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (25/2/2023). Dewa United Banten menang atas Satria Muda Pertamina Jakarta dengan skor 88-74. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dewa United berhasil menghentikan dominasi Satria Muda dengan mengalahkannya 88-74 dalam laga lanjutan IBL Seri 4 yang digelar di Sritex Arena Solo, Sabtu.

Satria Muda Pertamina Jakarta akhirnya menelan kekalahan pertamanya setelah sebelumnya meraih kemenangan 11 kali berturut-turut dalam IBL Seri pertama hingga ketiga.

Kemenangan Dewa United Banten ini sekaligus merebut posisi Satria Muda yang sebelumnya nyaman sebagai pemuncak klasemen. Dengan hasil ini, kedua tim kini bertukar posisi di peringkat satu dan dua klasemen sementara IBL. Dewa United berada di posisi pertama dengan 10 menang dan 3 kalah.

Satria Muda memulai gim dengan lambat dan hanya bisa memasukkan 26 poin di paruh pertama. Dewa United sudah unggul lebih dulu di kuarter pertama dengan 18-14, dan lanjut memimpin di kuarter kedua dengan 38-26.

Bahkan di kuarter ketiga Dewa United semakin ganas dengan meninggalkan Satria Muda 22 poin di belakang saat kuarter ketiga menyisakan 3 menit 10 detik untuk dimainkan. Meski begitu, Satria Muda memperkecil jarak di akhir kuarter ketiga menjadi 15 angka yakni 65-50.

Satria Muda menggebrak pertahanan Dewa United di awal kuarter keempat. Mereka melaju dengan 16-11 dan memangkas jarak hingga tersisa 10 angka, yakni 66-76 saat kuarter keempat berjalan lebih dari 5 menit.

Namun Dewa United mampu melawan balik gebrakan dari tim Jakarta dengan shooting guard Ramon Galloway menghasilkan enam poin berturut-turut melalui tembakan tiga angka, dan three point play atau mendapatkan pelanggaran saat berhasil mencetak 2 angka dan berhasil mengeksekusi hadiah satu free throw.

Dewa United memimpin dengan skor 82-66 di 3 menit 2 detik terakhir. Tembakan tiga angka Galloway mendapatkan tepuk tangan dari penonton lantaran dicetak dari jarak yang sangat jauh. Hingga akhirnya skor menjadi 88-74 dan Satria Muda Pertamina Jakarta berhasil ditumbangkan oleh Dewa United Banten.

"Stay focus and play defense. Satria Muda tim kuat, tidak ada beberapa pemain, bukan masalah bagi mereka. Tapi kami bermain dengan baik khususnya di defense. Saya akan selalu ingat bahwa 'defense win championship," kata bintang Dewa United Galloway melansir laman resmi IBL.

Pada laga kali ini Galloway mencetak 26 poin, 7 rebound, dan 6 assist. Sedangkan Kaleb Ramot Gemilang menyumbang 12 poin, 7 rebound, dan 4 assist.

Dari kubu Satria Muda, Widyanta Putra Teja mencetak 24 poin, 6 rebound, dan 6 assist. Lalu Elijah Foster mencetak double-double dengan torehan 20 poin dan 17 rebound.

Satria Muda bermain pincang pada hari pertamanya di Solo karena Arki Dikania Wisnu dan Hardianus tidak dimainkan. Kondisinya belum fit setelah pulang dari Amerika Serikat. Sedangkan AJ West juga mengundurkan diri yang membuat hanya Elijah Foster sebagai pemain asing di Satria Muda.

Pada laga selanjutnya, Satria Muda akan berhadapan dengan Evos Thunder Bogor pada Senin (27/2). Sedangkan Dewa United akan melawan Indonesia Patriots di hari yang sama.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])