Dalang Dibalik Bangkitnya Borneo Hornbills

Nusantaratv.com - 27 Maret 2024

Skuad Borneo Hornbills
Skuad Borneo Hornbills

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Borneo Hornbills mulai bangkit setelah sebelumnya harus menelan empat kekalahan beruntun dari tujuh laga pada musim ini. Pelan tapi pasti mereka mampu menyapu bersih tiga laga lainnya saat jeda Ramadan dan Idul Fitri.

Kemenangan ini tak lepas dari adanya beberapa perubahan yang terjadi dalam skuad Borneo Hornbills. Pertama adalah soal pelatih kepala yang sebelumnya Tondi Raja Syailendra digantikan oleh Ricky Benitez.

Dalam empat laga pertama, Borneo Hornbills masih dinahkodai oleh Tondi Raja yang akhirnya mengundurkan karena hasil rentetan minor.

Mundurnya Tondo membuat Borneo dengan cepat mengumumkan perekrutan pelatih asing, Ricky Benitez.

Sayangnya, sang juru taktik tak kunjung melatih tim. Tiga gim yang dijalani Borneo justru di tukangi oleh sosok pelatih interim, Danny Kusuma. Kabarnya, Benitez hanya memberikan instruksi lewat manajer tim.

Situasi makin rumit setelahnya. Memasuki jeda Pemilu, Borneo lantas mengumumkan melepas Benitez.

Sebagai ganti Benitez, Borneo merekrut asisten pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta, Ismael Tan. Ini jadi kali pertama pelatih yang akrab disapa Mael ini menjabat sebagai kepala pelatih.

Mael pun menjadi dalang dari tiga kemenangan yang diraih Borneo Hornbills setelah sebelumnya harus terpuruk dengan rentetan hasil minor.

Tentunya, peran Mael tak akan terasa jika pemain tak menjalankan instruksinya dengan baik. Seluruh pemain asing Borneo yang ada di awal musim diganti.

Dua pemain baru masuk setelah jeda Pemilu yakni Michael Qualls dan Steve Taylor Jr. Akeem Scott menyusul kemudian seiring dengan cederanya Najeal Young, satu-satunya pemain asing yang memberikan kontribusi apik di periode tujuh laga nirkemenangan.

"Jujur saja, tidak ada yang sangat spesial yang saya lakukan. Hal yang saya bawa dari tim sebelumnya adalah keteraturan dalam segala aspek. Saya atur semuanya lebih baik, sesuai waktu dan porsinya masing-masing," kata Mael.

"Untuk pemain asing, saya memang khususkan waktu berbincang dengan mereka. Saya jelaskan apa yang saya inginkan dari mereka. Apa yang harus mereka lakukan. Saya meminta komitmen penuh mereka untuk menjadi lebih baik demi tim ini," jelasnya.

"Saya tidak bisa bicara target realistis untuk sekarang. Saya lebih punya harapan untuk tim ini. Saya harap kami bisa lolos ke Playoff seperti tahun lalu. Semoga kami bisa mengejar target ini sampai akhir musim nanti," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])