Catur Beregu Putri Asian Games 2022: Dikalahkan China 3,5-0,5 di Babak 7, Indonesia Semakin Jauh dari Zona Medali

Nusantaratv.com - 05 Oktober 2023

Tim Catur Putri Indonesia saat bertanding melawan Vietnam/Foto: asianchesscom 
Tim Catur Putri Indonesia saat bertanding melawan Vietnam/Foto: asianchesscom 

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tim Catur Putri Indonesia dikalahkan China dengan skor cukup telak 3,5-0,5 pada babak ke-7 catur standar beregu putri Asian Games 2022, Kamis (5/10/2023). 

Akibat kekalahan ini posisi Indonesia di klasemen sementara anjlok dari urutan 4 ke 8 dengan 7 poin. Semakin jauh dari zona medali.

Puncak klasemen sementara masih dikuasai China dengan 13 poin, India 11 poin dan Kazakhstan 9 poin. 

Posisi 4-7 ditempati Uzbekistan, Mongolia, Vietnam dan Filipina yang sama-sama mengemas 8 poin.

Kekalahan pertama Indonesia atas China terjadi di papan tiga dimana MIW Chelsie Monica Sihite 2251 menghadapi GM Tan Zhongyi 2517. 

Menghadapi lawan dengan rating 266 poin lebih tinggi, Chelsie yang bermain dengan buah hitam kesulitan mengantisipasi permainan penuh komplikasi yang diperagakan Tan Zhongyi. 

Dengan cerdik Zhongyi memanfaatkan posisi bidaknya di sayap Raja yang terbuka untuk melancarkan serangan tajam mematikan. 

Mantan juara dunia itu berhasil men-skak mat Raja Chelsie lewat serangan kombinasi Menteri dan Benteng di langkah ke-37. 

Skor 1-0 untuk keunggulan China.

MI Medina Warda Aulia 2373 yang bermain dengan buah putih di papan dua mengubah skor menjadi 0,5-1,5 setelah remis lawan GM Zhu Jiner 2493.

Meski memiliki rating lebih rendah 120 poin dibanding lawan, namun Medina memberikan perlawanan keras pada peraih emas nomor catur cepat perorangan putri Asian Games 2022 tersebut. 

Baca juga: Babak 7 Catur Beregu Putri Asian Games 2022: Indonesia Hadapi China, Laga Krusial Jaga Peluang Merebut Medali

Bahkan pada permainan akhir Medina unggul satu bidak bebas di lajur A. Tapi Zhu Jiner tak memberi kesempatan pada Medina untuk memanfaatkan keunggulan tersebut. Lewat ancaman skakmat kombinasi Menteri dan Gajah di petak G1, Zhu Jiner memaksa Medina untuk menerima hasil remis. 

Medina dan Zhu Jiner sepakat berbagi angka pada langkah ke-48 setelah sebelumnya Medina melakukan tiga kali pengulangan langkah menskak Raja lawan. 

Perlawanan Indonesia berakhir setelah MI Irene Kharisma Sukandar 2371 dikalahkan GM Hou Yifan 2628 di papan pertama. Sebenarnya Irene bermain cukup baik sejak awal laga menghadapi mantan juara dunia dengan rating lebih tinggi 257 poin. Namun di permainan tengah Irene mulai kesulitan mengantisipasi manuver sepasang Benteng di A7 dan E7. Selain menopang Gajah untuk menjatuhkan bidak Irene di A6, sepasang Benteng Hou Yifan juga mengancam skak mat Raja Irene di H8.

Melihat tiga bidaknya C5, B4 dan D4 juga akan berjatuhan, Irene pun menyerah di langkah ke-43. 

Skor menjadi 0,5-2,5 sekaligus memastikan kekalahan Indonesia atas China. 

Laga Indonesia vs China berakhir dengan skor cukup telak 0,5-3,5 setelah MIW Ummi Fisabilillah 2180 dikalahkan Grand Master Wanita (GMW) Zhai Mo 2328 di papan empat. 

Memainkan buah putih, Ummi sebenarnya bermain cukup baik di awal hingga permainan tengah menghadapi lawan yang memiliki rating 148 poin lebih tinggi. 

Tapi Ummi kesulitan menemukan langkah-langkah taktis untuk memaksimalkan tekanan. Sebaliknya Zhai Mo berhasil mengambil kendali permainan dan unggul dua bidak di permainan akhir. 

Ummi yang memiliki Gajah putih dan Kuda akhirnya menyerah di langka ke-50 karena dua bidak bebas Zhai di G3 dan H4 tak bisa lagi dicegah menuju petak promosi. 

Selain laga Indonesia vs China, di lima pertandingan lainnya berhadapan India vs Kazakhstan 2-2, Vietnam vs Hong Kong 3-1, Uzbekistan vs Thailand 3,5-0,5 dan Mongolia vs Korea Selatan 4-0 dan Filipina vs Uni Emirat Arab 2,5-1,5. 

Tim Catur Putri Indonesia yang didampingi Manajer Tim Henry Hendratno, Kapten Tim Kristianus Liem dan Pelatih Tim, Ruslan Shcherbakov akan melanjutkan perjuangannya pada babak ke-8 dari 9 babak pertandingan catur standar beregu Asian Games 2022.  

Sesuai hasil pairing Indonesia, pada babak ke-8, Jumat (6/10/2023) akan berhadapan dengan Thailand. Di laga lainnya berhadapan China vs Filipina, India vs Hong Kong, Kazakhstan vs Korea Selatan, Vietnam vs Uni Emirat Arab dan Uzbekistan vs Mongolia.

 

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])