Alasan Xabi Alonso Tidak Tergoda Gantikan Jurgen Klopp di Liverpool

Nusantaratv.com - 15 April 2024

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso
Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Pamor Xabi Alonso sedang melejit. Mantan pemain Liverpool dan Real Madrid itu mencuri perhatian lewat keganasan Bayer Leverkusen di ajang Bundesliga pada musim ini. 

Alonso bergabung dengan Leverkusen pada tahun 2022 lalu. Dia dikontrak hingga Juni 2024.

Sempat merasakan masa-masa sulit di awal musim, Alonso lambat laun mengubah wajah Leverkusen. Di musim pertamanya, Alonso membawa Leverkusen finis ke enam dan lolos ke Liga Europa. Prestasi ini membuatnya mendapat perpanjangan kontrak hingga Juni 2026 mendatang. 

Musim ini, Leverkusen menjelma semakin menakutkan. Bagaimana tidak, pasukan Xabi Alonso tidak tersentuh kekalahan dalam 29 pertandingan dan menorehkan sejarah baru di ajang Bundesliga. 

Puncaknya adalah, Bayer Leverkusen berhasil merebut trofi Bundesliga untuk kali pertama usai memenangkan pertandingan melawan Werder Bremen dengan  5-0 pada Senin (15/4/2023).

Victor Boniface dan Granit Xhaka megawali pesta kemenangan Leverkusen atas Bremen. Wonderkid Florian Writz lalu mengubah kedudukan jadi 5-0 lewat hattrick yang ditorehkannya pada laga itu.

Kemenangan ini pun mengantar Leverkusen mengunci posisi puncak klasemen dengan 79 poin dari 29 laga. Meski masih menyisakan 5 laga lagi, Leverkusen dipastikan tidak terkejar oleh klub lainnya. 

Ini merupakan gelar Bundesliga pertama Bayer Leverkusen sepanjang sejarah. Hasil ini juga sekaligus menghentikan hegemoni Bayern Muenchen yang jadi langganan penguasa liga Jerman.

Keberhasilan Alonso mengubah wajah Leverkusen mulai membuat klub lain tergoda. Bahkan sebelum, pria berusia 42 tahun tersebut mempersembahkan gelar juara bagi timnya.

Salah satu tim yang getol melirik Alonso adalah Liverpool. Kebetulan, The Reds bakal ditinggal oleh Jurgen Klopp pada akhir musim ini. Namun, Alonso dengan tegas menolaknya. 

“Saya mengadakan pertemuan dengan Bayer Leverkusen dan saya memberi tahu mereka kalau saya akan bertahan di klub,” ujarnya seperti dilansir dari SportBible. 

“Setelah banyaknya pembicaraan mengenai masa depan saya, saya gunakan waktu jeda untuk membuat keputusan. Ini tempat untuk saya,” bebernya. 

Dalam wawancara dengan TNT Sports, Alonso juga menyampaikan sejumlah alasan bertahan di Leverkusen. Salah satunya kedekatan dengan tim.

“Setelah setahun kami bangun tim, kami juga membangun semangat di sini. Ada banyak asalan dan begitu banyak pemain. Musim berjalan lancar sejauh ini dan kami ingin mempertahankan ini bersama-sama,” bebernya.

“Saya merasa jadi bagian dari itu. Setelah satu tahun, waktunya ternyata tidak tepat dan itulah kenapa saya committed,” Alonso menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])