Agamyradov Nilai Indonesia Bisa Bicara Banyak di Piala Asia U-23 2024

Nusantaratv.com - 13 September 2023

Pelatih Timnas Turkmenistan U-23 Agamyradov Ahmet pada jumpa pers setelah timnya takluk 0-2 dari Timnas Indonesia U-23 di partai terakhir Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024, di Stadion Manahan, Solo, Jateng, Selasa (12/9/2023). ANTARA/Zaro Ezza Syachniar
Pelatih Timnas Turkmenistan U-23 Agamyradov Ahmet pada jumpa pers setelah timnya takluk 0-2 dari Timnas Indonesia U-23 di partai terakhir Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024, di Stadion Manahan, Solo, Jateng, Selasa (12/9/2023). ANTARA/Zaro Ezza Syachniar

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Pelatih Timnas Turkmenistan U-23 Agamyradov Ahmet menilai Timnas Indonesia U-23 dapat berbicara banyak di putaran Piala Asia U-23 2024 nanti yang pada edisi kali ini dimainkan di Qatar pada 15 April sampai dengan 3 Mei 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan Agamyradov pada jumpa pers seusai timnya menelan kekalahan 0-2 dari Indonesia melalui gol yang dicetak Ivar Jenner dan Pratama Arhan pada partai terakhir Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024, di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa malam.

Hasil ini membuat Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, karena lolos sebagai juara Grup K, dengan 6 poin.

“Terima kasih dan selamat kepada tim pelatih yang telah lolos, berhasil lolos ke putaran final. Ini adalah pertama kalinya yang saya tahu. Semoga sukses untuk seluruh tim,” ujar Agamyradov.

“Untuk tim Indonesia, menurut saya punya kualitas tim sangat bagus. Mungkin itu tergantung pada undiannya. Karena setahu saya, tim Indonesia akan menempati posisi pertama saat drawing,” katanya lagi.

Agamyradov menilai tim Indonesia yang diasuh Shin Tae-yong itu menampilkan permainan yang bagus. Hal ini membuatnya berekspektasi besar dan mengatakan Indonesia di Piala Asia U-23 2024 nanti bisa mencapai semifinal dan menjadi salah satu tim yang dapat lolos ke Olimpiade Paris 2024.

“Tim Indonesia menyiapkan taktik yang bagus. Mungkin bisa lolos ke semifinal,” kata Agamyradov.

Menurut Agamyradov, hasil ini tidak dicapai secara instan oleh Indonesia. Pasalnya, ia yakin hal ini adalah hasil proses jangka panjang yang telah diukir Shin Tae-yong sejak mengarsiteki Indonesia pada 3 tahun silam tepatnya Januari 2020.

“Pelatih telah melakukan pekerjaannya dengan baik selama tiga tahun, sejak tahun 2020. Para pemainnya, beberapa pemain bermain di tim nasional, seperti yang saya tahu, dan mengambil pengalaman ini. Menurut saya, tim Indonesia sangat kuat dan memiliki kualitas yang bagus,” kata Agamyradov.

Dalam kesempatan yang sama, Agamyradov menjelaskan penyebab timnya menelan kekalahan 0-2 dari Indonesia. Menurutnya, salah satu pemainnya yang ditarik keluar karena cedera pada awal babak pertama (7’) yaitu Priyev Ruslan menjadi salah satu penyebabnya.

Kekalahan ini membuat Turkmenistan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 dan secara tim menurun, karena pada edisi sebelumnya, Piala Asia U-23 2022 mampu lolos ke putaran final sampai lolos ke perempat final.

“Saya ingin mengatakan tentang tim tahun lalu (Piala Asia U-23 2022), itu adalah tim yang berbeda. Beberapa pemain, ya, bermain di tim itu, tapi tim itu lebih kuat dari tim ini (kualifikasi Piala Asia U-23 2024),” ujar Agamyradov pula.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])