5 Negara Sudah Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23, Indonesia Menyusul?

Nusantaratv.com - 21 April 2024

Qatar saat bertemu Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. (dok PSSI)
Qatar saat bertemu Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Babak penyisihan grup Piala Asia U-23 2024 di Qatar sudah hampir rampung. Meski masih menyisakan satu laga lagi, sebagian negara sudah ada yang memastikan tempat di fase knock out. 

Sesuai aturan, hanya dua tim dari masing-masing grup yang berhak ke perempat final. Selanjutnya, pertandingan akan digelar dengan sistem knock out untuk menentukan tiket ke semifinal. 

Di grup A, Qatar jadi tim pertama yang memastikan tempat ke delapan besar. Tuan rumah dipastikan lolos ke perempat final usai mengantongi 6 poin dari dua laga.  Dengan torehan ini, Qatar dipastikan tidak akan tersingkir dari posisi dua besar, apapun hasil yang didapat dalam laga terakhir melawan Australia. 

Satu tiket tersisa di grup A kini diperebutkan oleh Indonesia, Yordania, dan Australia. Garuda Muda hanya perlu mengamankan satu poin saat bertemu dengan Yordania untuk mengikuti jejak Qatar. Beban Marcelino Ferinan dan kawan-kawan  sedikit lebih ringan setelah berhasil mengalahkan Australia 1-0 di laga kedua. 

Dari Grup B, dua raksasa Asia, Jepang dan Korea Selatan juga sudah mengunci tiket ke semifinal setelah mengemas dua kemenangan beruntun. Di laga terakhir, Jepang dan Korea akan bertemu untuk menentukan posisi pertama dan kedua.

Juara dari grup B selanjutnya akan bertemu runner up grup A pada 25 April 2024. 

Persaingan ketat masih berlangsung di Grup C. Belum ada satupun dari grup ini yang menyegel tempat di di perempat final. Arab Suadi untuk sementara masih memimpin dengan enam poin, sementara dua negara lainnya, yakni Thailand dan Irak menguntit di urutan dua dan tiga dengan koleksi mengoleksi 3 poin.

Satu-satunya yang belum mendapat poin di Grup C hanyalah Tajikistan. Meski demikian, Tajikistan masih bisa lolos bila mampu menang besar di laga terakhir melawan Thailand dan Irak kalah dari Arab Saudi. 

Berikut ini adalah daftar negara-negara yang sudah lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024:

Grup A
1. Qatar

Grup B
1. Korea Selatan
2. Jepang

Grup D
1. Uzbekistan
2. Vietnam

 

Jadwal Perempat Final

Kamis, 25 April 2024
21.00 WIB - Qatar U-23 vs Runner-up Grup B

Jumat, 26 April 2024
00.30 WIB - Juara Grup B vs Indonesia U-23
21.00 WIB - Juara Grup C vs Runner-up Grup D

Sabtu, 27 April 2024
00.30 WIB - Juara Grup D vs Runner-up Grup C

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])