4 Pemain Timnas Indonesia U-23 Jadi Sorotan Media Korea Selatan, Siapa Saja?

Nusantaratv.com - 24 April 2024

Salah seorang pemain naturalisasi Indonesia, Nathan Tjoe-A-On. (dok PSSI)
Salah seorang pemain naturalisasi Indonesia, Nathan Tjoe-A-On. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Korea Selatan dan Indonesia saling bunuh di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kedua tim akan bersua di Abdullah bin Khalifa Stadium, pada Jumat malam (26/4/2024). 

Hanya satu tim yang bakal melanjutkan perjalanan menuju Olimpiade Paris 2024. Sementara yang kalah dipastiakn langsung angkat koper hingga, kemenangan pun menjadi harga mati. 

Di atas kertas, Korea Selatan tentu saja diunggulkan atas Indonesia. Pasukan Hwang Sun-hong unggul pengalaman ketimbang Garuda Muda. Sejak Piala Asia U-23 bergulir 2013 lalu, Korsel tak pernah absen. Mereka bahkan telah mengantoni satu gelar pada edisi keempat, 2020 lalu. 

Tahun ini, perjalanan Korea Selatan juga sangat mengesankan. Mereka berhasil menyapu bersih seluruh laga di Grup B. Korea Selatan keluar sebagai juara grup usai mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-0, China 2-0, dan terakhirJepang 1-0.

Sebaliknya, Indonesia adalah pendatang baru. Garuda Muda baru berpartisipasi di babak utama pada tahun ini. Meski demikian, Korea Selatan sepertinya tidak akan memandang enteng mengingat performa Merah Putih juga cukup mengesankan di fase grup. 

Selepas kekalahan 0-3 dari Qatar, Indonesia sukses mempermalukan Australia 1-0. Sementara di laga terakhir, Indonesia menang 4-1 atas Yordania dan mengantar Indonesia jadi runner up grup A.

Keberhasilan Indonesia melaju ke perempat final tidak hanya menyita perhatian publik Tanah Air saja. Media Korea Selatan juga mulai rajin membahas kekuatan Garuda Muda yang secara kebetulan ditangani oleh pelatih asal Negeri Ginseng, yakni Shin Tae-yong. 

XSports News, dalam laporan terbarunya, menyebut kalau Indonesia memiliki organisasi bermain yang kuat. Hal ini tercipta karena sebagian skuad Garuda Muda juga bermain di timnas senior hingga membuat para pemain tampil lebih mudah beradaptasi saat pertandingan. 

Menurut XSports News, pertahanan Indonesia juga sangat kuat dan memiliki kemampuan serangan balik yang sangat cepat. Di luar itu, Indonesia juga punya amunisi yang mematikan.

XSports News bahkan mengupas 4 nama yang dianggap paling berbayaha. Siapa saja?

Simak informasi selengkapnya di halaman selanjutnya...

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close