12 Tim Beradu Pada Seri Ketiga Liga 1 Esport Nasional 2023

Nusantaratv.com - 20 Oktober 2023

Salah satu tim saat berlaga pada seri ketiga Liga 1 Esport Nasional 2023 di Kota Surabaya, Jumat (20/10/2023). (ANTARA/Willi Irawan)
Salah satu tim saat berlaga pada seri ketiga Liga 1 Esport Nasional 2023 di Kota Surabaya, Jumat (20/10/2023). (ANTARA/Willi Irawan)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Sebanyak 12 tim beradu pada seri ketiga Liga 1 Esports Nasional 2023 di Kota Surabaya, 20-22 Oktober, untuk memperebutkan tiket lolos ke babak playoff di Jakarta pada awal Desember.

CEO Garudaku Donny NG di Surabaya, Jumat, mengatakan Liga 1 Esports Nasional merupakan kasta tertinggi kejuaraan esports di Indonesia yang memunculkan banyak bibit calon pemain tim nasional.

"Garudaku selaku operator liga di bawah PB ESI (Pengurus Besar Esport Indonesia) menyelenggarakan Liga 1 Esports terbesar nasional dan sifatnya terbuka untuk tim mana saja yang ingin ikut," kata Donny.

Donny menyebut sistem Liga 1 Esports Nasional yang digelar keliling ini sebagai bentuk keseriusan Garudaku dan PB ESI supaya kompetisi semakin terasah di daerah.

"Kenapa series, kebanyakan liga esports di Jakarta, makanya dengan adanya Liga 1 Esports Nasional ini kami mau acara bisa terasa di daerah. Tahun depan kami bawa sistem series lagi atau roadshow," ujar dia.

Adapun alasan dipilihnya Kota Surabaya sebagai tempat penyelenggaraan series ketiga setelah Palembang dan Pontianak, dikarenakan Kota Pahlawan memiliki tim esports cukup banyak serta animo yang besar.

"Kita tahu pencinta esports di Surabaya ini sangat banyak, di hari pertama, Jumat, banyak banget. Di Pontianak pada Minggu hampir 2.000, kami harapkan Surabaya lebih dari itu," ujar Donny.

Sementara itu, Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB ESI Ricky Setiawan menyebut Liga 1 Esports Nasional ini akan jauh lebih besar ketimbang liga-liga yang lain karena sifatnya terbuka.

"Liga 1 Esports Nasional ini adalah terbuka dan satu-satunya yang terbesar. Ada banyak liga lain yang sama besar tapi sifatnya eksklusif," kata Ricky.

Liga 1 Esports Nasional ini nantinya juga menjadi rujukan calon pemain timnas Indonesia sehingga pembibitan atlet akan jauh lebih jelas karena ada struktur kompetisi dari Liga 3 hingga Liga 1.

"Nantinya yang mewakili calon timnas berasal dari Liga Esports Nasional dan dream-nya akan panjang," ujar dia.

Seperti diketahui, Liga 1 Esports Nasional sudah berjalan di Palembang dan Pontianak, dan saat ini berlangsung di Surabaya. Selanjutnya akan digelar di Makassar sebelum playoff di Jakarta pada awal Desember.

Tim yang bertanding di Liga 1 Esports Nasional adalah Borneo FC Esports - Samarinda, BULLSGPX - Jakarta Selatan, Dewa United Esports - Tangerang, EVOS Holy - Jakarta Selatan, HFX Esports - Pontianak, Kagendra Esports - Jakarta Selatan, ONIC Esports - Jakarta Selatan, Pajajaran Esports - Bogor, Pendekar Esports - Jakarta Selatan, Raja Esports - Bekasi, Suber 24 - Samarinda, Team Gryffin - Bandung.

Sebanyak 12 tim ini akan beradu di empat series untuk diambil enam tim terbaik yang akan tampil di Jakarta memperebutkan hadiah sebesar Rp3,2 miliar.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])