Soal Pembantaian Suku Maya, Pemerintah Meksiko Minta Maaf

Sebagian Besar Dari Suku Maya Mencari Nafkah Sebagai Petani Buah Hingga Karyawan Kebersiahn Resor.

Arkeolog temukan istana suku Maya kuno di hutan Meksiko. (Kumparan)

Nusantaratv.com - Meksiko memperingati pertempuran terakhir dengan suku maya (suku asli) tahun 1901 pada Senin (3/5/2021). 

Pada momen itu, pemerintah Meksiko mengeluarkan permintaan maaf karena selama berabad-abad telah melakukan eksploitasi dan diskriminasi brutal.

"Selama berabad-abad, orang-orang ini mengalami eksploitasi dan pelecehan. Hari ini kami mengakui sesuatu yang telah kami bantah sejak lama, kesalahan dan ketidakadilan yang dilakukan terhadap orang-orang Maya," kata Menteri Dalam Negeri Olga Sánchez Cordero, dikutip dari AP, Selasa (4/5/2021).

"Hari ini, kami meminta maaf atas nama pemerintah Meksiko atas ketidakadilan yang dilakukan terhadap Anda sepanjang sejarah kami dan atas diskriminasi yang bahkan Anda sekarang menjadi korbannya," lanjut Cordero.

Dalam kesempatan itu, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, didampingi oleh Presiden Guatemala, Alejandro Giammattei. Negara tetangga yang memiliki mayoritas penduduk Maya.

Suku Maya dari Quintana Roo, yang melakukan pemberontakan pada 1847-1901 melawan pemukim Meksiko dan pemerintah yang dikenal sebagai 'Perang Kasta' hingga saat ini masih tinggal di pantai Karibia. Pemberontakan akhirnya berakhir ketika pasukan Meksiko merebut Felipe Carrillo Puerto antara 4-5 Mei 1901.

Sementara suku Maya Meksiko bertahan, mereka sebagian besar telah dikucilkan dari industri pariwisata yang bermunculan di resor pesisir seperti Cancún dan Playa del Carmen sejak 1974. Sebagian besar dari mereka mencari nafkah sebagai petani buah, pekerja konstruksi, atau karyawan kebersihan di resor.

"Kami menyadari bahwa kami memiliki sejarah yang hebat, kami dijadikan contoh, dan orang-orang menghasilkan banyak uang dari nama kami, tetapi uang itu tidak pernah muncul di komunitas kami," kata aktivis Maya, Alfaro Yam Canul.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK