Pengelolaan LRT Sebagian Akan Anies Serahkan ke Swasta

Gubernur DKI Jakarta Anies Basweadan akan menyerahkan sebagian pengelolaan LRT ke pihak Swasta

Jakarta, Nusantara TV - Pengelolaan Light Rail Transit (LRT) tak sepenuhnya akan dilakukan pihak Pemprov DKI Jakarta saja. Kabar terbaru menyebut jika Anies Baswedan akan menyerahkan sebagian pengelolaannya ke pihak swasta. Penyerahan akan dilakukan melalui Kerja Sama Pemerintah Daerah dan Badan Usaha (KPDBU).

Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak. Dia mengatakan Pemprov DKI Jakarta berencana merombak sejumlah rute LRT yang akan digarap. Menurutnya, hal ini terkuak ketika Dinas Perhubungan DKI Jakarta memaparkan proyek ini kepada pihaknya tanggal 22 Oktober 2020 lalu.  

"Di dalam paparan Dinas Perhubungan, Gubernur Anies Baswedan mengurangi alokasi rute LRT yang akan dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta dari 100 kilometer menjadi 23,2 km," kata Gilbert di Jakarta, Minggu (1/11/2020).

Gilbert menjelaskan, rute yang hendak diubah Anies Baswedan yaitu Kelapa Gading – Jakarta International Stadium (JIS) sepanjang 8,2 km; Kelapa Gading – Velodrome sepanjang 5,8 km; Velodrome – Klender sepanjang 4,1 km; dan Klender – Pondok Bambu – Halim sepanjang 5,2 km.

Selain itu, Anies akan menyerahkan rute Pulo Gebang – Joglo sepanjang 32,8 km kepada pihak swasta melalui skema KPDBU. Rute ini akan melalui Jalan Basuki Rahmat, Kampung Melayu, Jalan Prof Dr Satrio, Pejompongan, Palmerah, Bundaran Senayan, Permata Hijau, dan berakhir di Joglo.
 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK