Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Mikro Hingga 14 Juni 2021, Berlaku di Seluruh Indonesia

PPKM Mikro diperpanjang lantaran terjadi lonjakan kasus pasca libur Lebaran 2021

Ilustrasi virus corona/ist

Jakarta, Nusantara TV-Dinilai efektif mencegah penularan covid-19, pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro mulai 1 hingga 14 Juni 2021. 

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini ada tambahan 4 provinsi. Dengan demikian PPKM Mikro berlaku di 34 provinsi di seluruh Indonesia. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan tambahan 4 provinsi tersebut adalah Gorontalo, Maluku, Maluku Utara dan Sulawesi Barat. 

PPKM diperpanjang lantaran terjadi lonjakan kasus positif covid-19 pasca libur Lebaran 2021 berbarengan dengan kedatangan para pekerja migran di Indonesia. 

Baca Juga: Jokowi Minta Arus Balik Diperketat-PPKM Mikro Diperkuat

Lonjakan kasus terjadi, karena orang-orang (Jabodetabek) yang pulang dari bepergian memiliki kemungkinan membawa virus dari tempat asal ke tempat tujuan kembali, dalam hal ini wilayah Jabodetabek,

Satgas Covid-19 meminta warga yang baru pulang bepergian untuk melakukan karantina mandiri 5 x 24 jam. Pos komando (posko) dalam hal ini berperan penting memastikan karantina mandiri selesai dilakukan.

Masyarakat juga dapat menyiapkan lokasi untuk melakukan isolasi mandiri. Namin, lokasi tersebut harus memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Sampai dengan Minggu (30/5/2021) total jumlah kasus positif covid-19 di Indonesia mencapai 1.816.041 kasus dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 1.663.998 orang dan kasus kematian sebanyak 50.404 orang. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK