Wisatawan Asal China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Kawah Ijen

Nusantaratv.com - 22 April 2024

ilustrasi
ilustrasi

Penulis: Habieb Febriansyah | Editor: Tasya Paramitha

Nusantaratv.com - Seorang wisatawan asal China, berinisial HL (31), mengalami nasib tragis saat berkunjung ke Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Banyuwangi, Sabtu (20/4/2024). HL meninggal setelah jatuh ke jurang dengan kedalaman sekitar 75 meter.

Kejadian tersebut terjadi saat HL bersama suaminya dan pemandu wisata, Guswanto, sedang menikmati keindahan Kawah Ijen. Mereka telah menyaksikan fenomena blue fire dan sedang kembali ke bibir kawah untuk menyaksikan matahari terbit.

Saat sedang berfoto di salah satu spot dengan latar belakang matahari terbit, HL mengalami kecelakaan tragis. Saat mundur untuk mendekat ke objek kayu di belakangnya, kaki HL tersangkut oleh rok panjang yang ia kenakan. Hal ini menyebabkan HL terguling ke belakang dan jatuh ke jurang yang memiliki kedalaman sekitar 100 meter.

Guswanto, pemandu wisata yang menyaksikan kejadian tersebut, segera meminta pertolongan kepada petugas TWA Kawah Ijen.

"Saya langsung turun lari ke Paltuding untuk meminta pertolongan, kata Guswanto, dikutip dari Antara, Senin, 22 April 2024.

Tim evakuasi membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengevakuasi jenazah HL ke atas bibir kawah yang sulit dijangkau.

Kasi V Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, Dwi Sugiharto, mengonfirmasi bahwa HL ditemukan dalam keadaan meninggal di kedalaman jurang sekitar 75 meter. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])