Wali Kota Madiun: HPN Momentum Perkuat Peran Pers Makin Profesional

Nusantaratv.com - 09 Februari 2023

Arsip - Wali Kota Madiun Maidi didampingi jajaran menyampaikan keterangan pers. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun
Arsip - Wali Kota Madiun Maidi didampingi jajaran menyampaikan keterangan pers. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Wali Kota Madiun Maidi menyebut peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 merupakan momentum untuk memperkuat peran pers yang semakin profesional dan bertanggung jawab.

Menurutnya, pers harus terus berkomitmen kepada tugasnya untuk menyebarluaskan informasi yang akurat, mendidik, berimbang, dan memberikan solusi di tengah maraknya gempuran berita bohong atau hoaks yang meresahkan masyarakat.

"Pers jangan hanya memberikan sesuatu tanpa solusi. Berilah solusinya yang bermanfaat bagi masyarakat. Ibaratnya tangan kiri memberikan kritik, tangan kanan memberikan solusi. Jadi dengan adanya pers, semua kehidupan semakin sempurna," ujar Wali Kota Maidi saat dihubungi wartawan terkait peringatan HPN 2023, Kamis.

Karenanya Maidi berharap pers semakin profesional, dicintai masyarakat, dan dapat menyempurnakan kehidupan. Hal itu sejalan dengan tema HPN tahun 2023, "Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat".

Pihaknya menilai peran pers sebagai mitra Pemkot Madiun sudah sangat baik. Ia mengapresiasi peran pers dalam memajukan pembangunan di Tanah Air, khususnya di Kota Madiun. Di Kota Madiun, pers dinilai telah profesional dalam menyampaikan setiap informasi ke masyarakat.

Ia mengatakan pers di Kota Madiun selama ini mampu mencerdaskan masyarakat melalui pemberitaan yang disajikan.

Tanpa keberadaan pers, informasi dari pemerintah tidak akan sampai ke masyarakat. Begitu juga sebaliknya, aspirasi masyarakat tidak akan sampai ke pemerintah jika tidak ada pers sebagai penghubung.

"Pers sangat membantu komunikasi informasi pemerintah. Artinya, yang baik dikatakan baik, yang kurang baik dikatakan kurang baik. Sehingga pers sangat mendorong kebaikan pemerintahan di Kota Madiun. Ini luar biasa. Itulah yang kita harapkan," kata Wali Kota.

Pihaknya juga mengajak seluruh insan pers untuk terus andil dalam memajukan Madiun Kota Pendekar. Kemajuan daerah bukan hanya peran dari pemerintah, kata dia, tetapi atas peran semua pihak, tak terkecuali pers, khususnya terkait penyebaran informasi yang mendidik dan mencerahkan.

"Atas nama Pemerintah Kota Madiun, saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2023 kepada seluruh insan pers yang ada di Madiun. Saya terima kasih sekali, semoga pers yang ada di Madiun semakin profesional," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])