Vladimir Putin Klaim Invasi di Ukraina Berjalan Sesuai Rencana

Nusantaratv.com - 04 Maret 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Istimewa)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim invasi di Ukraina berjalan sesuai rencana sejauh ini. 

"Operasi militer khusus di Ukraina berjalan sesuai rencana, sesuai dengan jadwal," kata Putin, menggunakan eufemisme untuk menggambarkan invasi ke Ukraina.

"Semua tugas berhasil dilaksanakan," lanjut Putin dalam pernyataannya kepada Dewan Keamanan Rusia yang disiarkan stasiun televisi pemerintah, Rossiya 24, pada Kamis (3/3/2022), seperti dikutip dari CNN

Dalam kesempatan itu, Putin mengulangi pernyataan sebelum invasi dilakukan pekan lalu di mana rakyat Rusia dan Ukraina satu rumpun dan dia akan menghancurkan semua sentimen anti-Rusia yang direkayasa negara-negara Barat.

Dia juga memuji para tentara Rusia atas keberanian mereka melawan 'kekuatan neo-Nazi' di Ukraina. Selain itu, para keluarga tentara yang gugur di medan perang akan diberi kompensasi, namun Putin tidak menyebutkan angka pastinya. 

Sebelumnya Moskwa mengumumkan sebanyak 498 tentara Rusia telah tewas di Ukraina selama sepekan invasi. Menurut klaim Ukraina, lebih dari 5.300 tentara Rusia telah terbunuh.

Sementara itu, pejabat senior pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan, Rusia sampai dengan saat ini masih belum berhasil menguasai wilayah udara Ukraina. "Pertahanan udara Ukraina, termasuk pesawat, terus beroperasi dan terlibat serta menolak akses ke pesawat Rusia di sejumlah lokasi di negara itu," ungkap pejabat senior pertahanan AS itu.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])