Viral Video Lawas Momen Haru Annisa Pohan Lepas AHY Dinas ke Lebanon

Nusantaratv.com - 22 Februari 2024

Agus Harimurti Yudhoyono.(Foto: Instagram @agusyudhoyono)
Agus Harimurti Yudhoyono.(Foto: Instagram @agusyudhoyono)

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com, Jakarta - Beredar video lawas yang memperlihatkan momen haru saat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang saat itu masih berdinas di TNI dan harus meninggalkan keluarga untuk menjadi bagian dari kontigen Garuda ke Lebanon.

Momen haru tersebut dibagikan oleh akun Tiktok @metrovarchive, Kamis 22/2/2024. Dalam video tersebut AHY harus pergi meninggalkan  Annisa Pohan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono yang saat itu masih menjadi Presiden RI

Diketahui, Saat itu AHY dan Annisa Pohan baru saja menikah pada 8 juli 2005. Meski begitu AHY harus tetap menjalankan misi Perdamaian di Lebanon sekitar satu tahun.

Annisa telihat berlinang air mata sementara Ani Yudhoyono memeluk mencium putra sulungnya tersebut sebelum AHY meninggalkan bandara Lanud Halim. Meski harus meninggalkan sang istri AHY merasa Terhormat bisa dikirim ke Lebanon.

Karier AHY 

AHY merupaka mantan anggota Tentara Nasional Indonesia. Selama berkarir di TNI, AHY punya prestasi yang gemilang. Dia juga mendapatkan jabatan yang strategis. Berikut ulasannya:

Pasca lulus dari AKMIL, AHY mengikuti Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri dan Kursus Combat Intel pada tahun 2001. Ia kemudian bergabung dengan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Pada tahun 2002, AHY yang merupakan perwira Brigif Linud 17 Kostrad, menjadi Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak yang ditugaskan dalam Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh yang penuh risiko. Di Aceh, AHY terpilih sebagai Komandan Tim Khusus (Dan Timsus).

Saat masih tugas Militer operasi tahun 2006, AHY memimpin pasukan khusus dalam Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh pada bulan November 2006, AHY mengemban tugas sebagai perwira seksi operasi kontingen Garuda XXIII-A dalam menjaga perdamaian di sepanjang perbatasan Israel dan Libanon Selatan, ketika Israel dan Hizbullah terlibat dalam perang selama 34 hari. 

Kontingen ini merupakan kontingen pertama Indonesia yang dikirim untuk misi perdamaian PBB di Libanon (UNIFIL). Semasa penugasannya, AHY menginisiasi program mobil pintar sebagai salah satu sarana mengurangi dampak trauma perang untuk anak-anak. Atas inisiatif ini, AHY dianugerahi Army Service Distinction Medal dari pimpinan Angkatan Bersenjata Libanon. Seiring dengan bertambahnya pengalaman lapangan, AHY mendapat promosi sebagai Komandan Kompi (Danki) di Yonif Linud 305/Tengkorak pada tahun 2007. Pada tahun yang sama, AHY mengikuti kursus Scuba Divers TNI-AL di Kepulauan Seribu, 2008. AHY juga memperoleh penghargaan sebagai Komandan Kompi terbaik di jajaran divisi Infanteri 1 Kostrad, pada Latihan Gabungan TNI Yudha Siaga di Sangata.

Pada tahun yang sama, AHY dimintai kontribusinya oleh Prof. Dr. Juwono Sudarsono selaku Menteri Pertahanan, untuk bergabung dalam tim pendirian Universitas Pertahanan Indonesia. AHY kemudian melanjutkan pendidikan militernya di US Army Maneuver Captain Career Course di Fort Benning, Amerika Serikat pada tahun 2011 dan menjadi lulusan terbaik. 

Ia juga meraih Medali dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, The Order of Saint Maurice dari Pimpinan Infanteri Nasional AS. Kembali ke Indonesia, ia berdinas sebagai Kepala Seksi Operasi (Kasiops) di Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad. Pada tahun 2013, atas prestasi dan pemikiran-pemikirannya, AHY ditugaskan menjadi Dosen Pasca Sarjana, dalam program Manajemen Pertahanan, Universitas Pertahanan Indonesia.[butuh rujukan]

Tahun 2015, AHY kembali mengenyam pendidikan di AS, dan kemudian meraih predikat Summa Cum Laude dari US Army Command and General Staff College di Fort Leavenworth, Kansas. Sampai awal 2016, AHY ditugaskan sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kamuning, salah satu pasukan elit pengaman Ibu Kota Negara. Sebagai Danyonif 203 AHY sukses memimpin latihan bersama pasukan Australia di Darwin pada tahun 2016

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])