Ukraina Ungkap Korupsi Pengadaan Senjata Senilai Rp633,4 Miliar

Nusantaratv.com - 29 Januari 2024

Ilustrasi. Ukraina mengungkap korupsi pengadaan senjata senilai US$40 juta. (Tangkapan layar)
Ilustrasi. Ukraina mengungkap korupsi pengadaan senjata senilai US$40 juta. (Tangkapan layar)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Dinas Keamanan Ukraina mengatakan pihaknya berhasil mengungkap skema korupsi senilai US$40 juta (sekitar Rp633,4 miliar).

Uang itu merupakan dana yang dialokasikan untuk pembelian senjata, yang sangat dibutuhkan di tengah invasi Rusia.

Dilansir dari Reuters, Senin (29/1/2024), Badan intelijen Ukraina (SBU) mengatakan penyelidikan tersebut telah mengungkap peran mantan pejabat tinggi di Kementerian Pertahanan serta sejumlah manajer di perusahaan pemasok senjata.

SBU menyebutkan, penggelapan itu melibatkan kontrak 100.000 mortir dengan produsen senjata Lviv Arsenal pada Agustus 2022, hanya enam bulan setelah perang dimulai.

Pembayaran dilakukan di muka, dan sebagian dana ditransfer ke luar negeri. Namun, tidak ada senjata yang dikirimkan. Pernyataan itu juga mengungkapkan, lima orang telah menerima "pemberitahuan terkait kecurigaan", yang merupakan tahap pertama dalam proses hukum Ukraina.

Salah satu tersangka, kata pernyataan itu, ditahan ketika mencoba melintasi perbatasan Ukraina. Pernyataan tersebut disampaikan pada Sabtu (27/1/2024) dan akan memunculkan kegaduhan, di negara yang sedang kelelahan menghadapi invasi Rusia sejak dua tahun lalu.

Hal ini juga menunjukkan korupsi yang mewabah sebagai masalah besar, seiring upaya Ukraina berupaya untuk bergabung dengan Uni Eropa (UE) dan di tengah desakan pendanaan dan peralatan baru dari Washington.

Korupsi di kalangan militer telah menjadi isu yang sangat sensitif di Ukraina dan seorang menteri pertahanan dipecat tahun lalu, karena berbagai kasus korupsi, meskipun dia tidak dituduh terlibat secara pribadi dalam korupsi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])