Ukraina-Swiss Berupaya Selenggarakan "KTT Perdamaian Global"

Nusantaratv.com - 17 Januari 2024

Forum Ekonomi Dunia 2024: Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (ANTARA/Anadolu)
Forum Ekonomi Dunia 2024: Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (ANTARA/Anadolu)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Ukraina dan Swiss telah memulai upaya untuk dapat menyelenggarakan "konferensi tingkat tinggi (KTT) perdamaian global," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Selasa (16/1).

"Hari ini, tim kami telah mulai bekerja untuk menyelenggarakan KTT semacam itu. Bukan Perang Dunia ke-3, tetapi KTT perdamaian global," kata Zelenskyy dalam pidatonya di Forum Ekonomi Dunia di Davos.

Zelenskyy menyatakan bahwa dia mengadakan pembicaraan "yang sangat produktif" dengan Presiden Swiss Viola Amherd pada Senin (15/1).

Zelenskyy mengatakan bahwa mereka membahas kemungkinan pertemuan puncak semacam itu di tingkat para pemimpin.

Zelenskyy melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia mengundang setiap pemimpin negara yang "menghormati perdamaian dan hukum internasional" untuk bergabung dalam pertemuan puncak tersebut.

"Perdamaian harus menjadi jawabannya," tambah Zelenskyy.

Dalam konferensi pers bersama dengan Zelenskyy pada Senin, Amherd mengatakan bahwa Swiss siap dan akan menyelenggarakan KTT "untuk menyukseskan proses perdamaian".(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])