Ukraina Berupaya Selamatkan Warisan Budaya di Kota Kiev dari Serangan Rusia

Nusantaratv.com - 28 Maret 2022

Patung komposer Ukraina Mykola Lysenko. (Net)
Patung komposer Ukraina Mykola Lysenko. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ukraina berupaya menyelamatkan warisan budaya yang ada di Kota Kiev, berupa patung-patung bersejarah dan warisan leluhur lainnya di tengah serangan udara Rusia. 

Dikutip dari Anadolu Agency, Senin (28/3/2022), para pekerja kota dan sukarelawan melindungi patung-patung yang berada di depan galeri seni dan gereja di Kiev dengan menggunakan karung pasir dan papan kayu. 

Mereka membawa karung pasir dan menempatkannya di depan Gedung Opera di sekitar patung komposer Ukraina Mykola Lysenko, yang dianggap sebagai bapak pendiri musik Ukraina, Vitaly Mishenko mengatakan: "Kami berusaha melindungi artefak bersejarah di kota dari serangan udara Rusia semaksimal mungkin."

"Kami telah mencoba untuk menutupi patung ini sejak kemarin. Saya secara sukarela mendukung Kota Kiev dalam melestarikan pekerjaan seperti itu," kata Mishenko.

Sementara itu, Vartan Azatian, salah satu pegawai Direktorat Perlindungan Warisan Budaya di Administrasi Kota Keiv, mengatakan para relawan telah menanggapi seruan tersebut di media sosial dan berusaha untuk melindungi warisan sejarah kota tersebut.

"Relawan di Kiev mendukung kami dengan cara mereka sendiri. Mereka membawa karung pasir atau kayu di kendaraan mereka," ujar Azatian.

Merespon sejumlah relawan yang berupaya melindungi artefak nasional yang memiliki nilai sejarah di Kota Kiev itu, Azatian mengatakan ketika perang dimulai, tidak ada kesempatan untuk melakukan pekerjaan seperti itu, tetapi saat ini perhatian terhadap hal itu sangat besar. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])