Tak Lagi Jabat Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono Mau Bertani

Nusantaratv.com - 22 November 2023

Laksamana Yudo Margono bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Tvonenews)
Laksamana Yudo Margono bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Tvonenews)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Laksamana Yudo Margono resmi purnatugas dari jabatan Panglima TNI lantaran memasuki usia pensiun. Yudo mengaku bakal menikmati masa-masa pensiunnya.

"Akan menikmati masa-masa pensiun," ujar Yudo usai serah terima jabatan Panglima TNI dengan Jenderal Agus Subiyanto di Markas Besar TNI (Mabes TNI), Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (22/11/2023).

Yudo pun tertawa saat mendapat pertanyaan apakah akan membuka sanggar wayang setelah pensiun. Ia mengaku akan bertani dan merasa merdeka usai pensiun.

"Hahaha ya itu tadi kita nikmati dulu, kita lihat dulu, kita lihat dulu. Ya, itu bertani. Merdeka," jawab Yudo kala ditanya perasaan setelah resmi purnatugas.

Sebelumnya, Jenderal Agus Subiyanto resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun. Upacara serah terima jabatan pun dilakukan di Markas Besar TNI (Mabes TNI), Cilangkap, Jakarta Timur.

Upacara serah terima jabatan dipimpin oleh komandan upacara Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan, yang menjabat Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Palembang. Kemudian yang bertindak sebagai perwira upacara adalah Kolonel Kavaleri Jeffri Pramono.

Dalam upacara serah terima jabatan itu, Jenderal Agus Subianto bertindak sebagai inspektur upacara. Kemudian Laksamana Yudo Margono menyerahkan Panji TNI 'Tri Dharma Eka Karma' kepada Jenderal Agus Subianto. Keduanya juga turut menandatangani naskah serah terima jabatan.

Dalam kesempatan ini, Laksamana Yudo mengucapkan terima kasih karena telah dipercaya mengemban jabatan sebagai Panglima TNI. Yudo juga turut berpamitan dan berharap TNI tetap profesional modern dan tangguh.

"Tentunya saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Presiden kepada saya untuk memimpin TNI sejak 19 Desember yang lalu hingga saat ini dan pada seluruh masyarakat untuknya saya juga mengucapkan terima kasih, juga kepada seluruh jajaran TNI di manapun berada dan bertugas. Ya saya mohon pamit dan tentunya saya juga kan supaya TNI tetap profesional modern dan tangguh dalam menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini," kata Yudo usai acara serah terima jabatan di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan akan melanjutkan program-program yang telah dilakukan Panglima TNI sebelumnya. Agus juga menyampaikan visi misinya untuk membawa TNI.

"Sesuai visi dan misi, saya akan melanjutkan program-program yang sudah dilaksanakan oleh Panglima TNI sebelumnya sesuai visi dan misi saya TNI yang prima, profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif," tandas Agus.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])