Taiwan Dilanda Gempa Puluhan Kali, Guncangan Terkuat Bermagnitudo 6,3, Tidak Ada Kerusakan Parah

Nusantaratv.com - 23 April 2024

Sebuah hotel, yang tidak beroperasi setelah sebelumnya rusak akibat gempa 3 April, miring ke satu sisi setelah serangkaian gempa bumi, di Hualien, Taiwan 23 April 2024. (Foto: Departemen Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan via Reuters)
Sebuah hotel, yang tidak beroperasi setelah sebelumnya rusak akibat gempa 3 April, miring ke satu sisi setelah serangkaian gempa bumi, di Hualien, Taiwan 23 April 2024. (Foto: Departemen Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan via Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wilayah Hualien, di bagian timur Taiwan, yang terkena dampak gempa bumi, diguncang puluhan gempa susulan pada Senin (22/4/2024) malam dan Selasa (23/4/2024) dini hari.

Namun, hanya kerusakan kecil yang dilaporkan dan tidak ada korban jiwa. Demikian dilansir dari Reuters.

Hualien, yang sebagian besar wilayahnya berupa pedesaan dan jarang dihuni, telah mengalami gempa bermagnitudo 7,2 pada 3 April, hingga menewaskan sedikitnya 14 orang. Sejak itu, telah terjadi lebih dari 1.000 gempa susulan.

Bangunan di sebagian besar wilayah utara, timur dan barat Taiwan, termasuk di ibu kota Taiwan, bergoyang sepanjang malam, dengan gempa terbesar mencapai magnitudo 6,3. Semua gempa tersebut terjadi pada kedalaman dangkal.

Badan Meteorologi Pusat Taiwan mengatakan rangkaian gempa yang dimulai pada Senin sore, di mana sekitar 180 gempa, merupakan gempa susulan dari gempa besar pada 3 April.

Direktur Pusat Seismologi, Wu Chien-fu, mengatakan kepada wartawan, jika gempa susulan merupakan "pelepasan energi yang terkonsentrasi" dan lebih banyak gempa mungkin diharapkan, meski kemungkinan tidak sekuat sebelumnya.

Dia menambahkan, dengan hujan deras diperkirakan untuk seluruh Taiwan pekan ini, masyarakat di Hualien perlu bersiap untuk gangguan lebih lanjut. 

Departemen Pemadam kebakaran Hualien melaporkan, dua bangunan yang sudah tidak berpenghuni sejak rusak efek gempa 3 April, mengalami kerusakan lebih lanjut dan miring.

Namun, tidak ada laporan mengenai korban jiwa. Taiwan sendiri terletak dekat pertemuan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi.

Diketahui, lebih dari 100 orang tewas dalam gempa di Taiwan selatan pada 2016, sementara gempa bermagnitudo 7,3 menewaskan lebih dari 2.000 orang pada 1999.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])