Strategi Kapolri Bikin Mudik Lebaran Aman dan Lancar

Nusantaratv.com - 25 Maret 2024

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan usai Rakor Lintas Sektor Kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta Selatan. (Foto:ANTARA)
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan usai Rakor Lintas Sektor Kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta Selatan. (Foto:ANTARA)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo telah mengumumkan strategi terbaru dalam mengawal pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2024.

Dalam upaya menjaga kelancaran arus lalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan, Polri telah menyiapkan langkah-langkah konkret.

"Kami telah menyiapkan strategi terkait rekayasa lalu lintas untuk memastikan mudik dan balik Lebaran berjalan aman dan lancar." Kata Listyo di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Operasi Ketupat 2024 akan berlangsung selama 13 hari, mulai 4 April hingga 16 April. Total 155.165 personel Polri, didukung oleh 69.969 personel TNI dan personel dari kementerian serta lembaga terkait, akan dikerahkan untuk mengamankan perjalanan masyarakat.

Strategi rekayasa lalu lintas, seperti sistem lawan arus (contraflow), sistem satu arah (one way), dan ganjil genap (gage), akan diterapkan untuk mengantisipasi kemacetan. 

Sebelumnya, Korlantas Polri telah melakukan survei jalur dari Banten hingga Jawa Timur untuk mengidentifikasi titik rawan dan memperbaiki jalur serta penandaan jalan.

Selain kelancaran di jalan tol dan arteri, Polri juga memperhatikan kelancaran arus mudik di wilayah penyeberangan. Evaluasi dilakukan terhadap sistem buffer zone di rest area dekat pelabuhan untuk mencegah kepadatan yang berpotensi memperlambat proses penyeberangan.

Meskipun tengah menghadapi Operasi Mantap Brata 2023-2024 serta gugatan hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi, Kapolri optimistis bahwa semua kegiatan dapat diamankan dengan baik. 

"Kami akan memastikan bahwa mudik tahun ini berjalan aman dan lancar," tambahnya.

Dengan strategi yang matang dan dukungan dari seluruh pihak terkait, diharapkan pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2024 dapat berjalan dengan sukses dan tanpa hambatan yang berarti.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])