Sosok Danu Arman, Mantan Hakim yang Dipecat Gegara Sabu Kini Jadi PNS Lagi

Nusantaratv.com - 18 Maret 2024

Mantan Hakim Danu Arman - tangkapan layar / instagram @sisiterang.official.
Mantan Hakim Danu Arman - tangkapan layar / instagram @sisiterang.official.

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Mantan Hakim Danu Arman kembali menjadi sorotan lantaran kembali menjadi ASN setelah dipecat beberapa wkatu lalu lantaran kasus narkoba jenis sabu. 

Sebelumnya, pada tahun 2023, Danu Arman dipecat dari jabatannya sebagai hakim karena terbukti melanggar kode etik dengan menggunakan narkoba jenis sabu-sabu di ruang kerjanya di Pengadilan Negeri Rangkasbitung, Banten.

Namun Keputusan Mahkamah Agung (MA) untuk mengaktifkan Danu Arman, mantan hakim Pengadilan Negeri Rangkasbitung, Banten, sebagai pegawai negeri sipil (PNS) tentu saja memunculkan banyak pertanyaan dan kontroversi.

Kini, Danu Arman bertugas sebagai PNS di Pengadilan Tinggi Yogyakarta setelah Mahkamah Agung aktifkan kembali statusnya sebagai PNS.

Jubir KY status PNS hakim yang pakai narkoba - Antara.


Kata KY

Juru Bicara Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata, mengatakan Danu telah menjalani sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH), di mana telah dijatuhkan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat sebagai hakim. 

Namun, pemberhentian tersebut tidak serta merta menghentikan status PNS Danu Arman. "Jika terlapor (Danu Arman) kemudian mengurus untuk aktif kembali baik di kantor pemerintahan atau lembaga, itu bisa saja, tapi tidak kembali menjadi hakim," tegas dia. dikutip dari akun @sisiterang.official.

Klarifikasi yang disampaikan oleh akun @sisiterang.official menegaskan bahwa meskipun Danu Arman telah diberhentikan sebagai hakim, statusnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) belum secara otomatis terhenti. Namun, pernyataan tersebut juga menegaskan bahwa Danu Arman tidak akan kembali menjabat sebagai hakim.

Pernyataan ini kemungkinan memicu beragam tanggapan dari warganet dan pengguna media sosial lainnya. Beberapa mungkin setuju dengan keputusan tersebut, sementara yang lain mungkin merasa kecewa atau mengkritiknya.

"Fungsinya skck buat apa" ucap akun @ferisugiyatno.

"Apa gunanya anjir bela2in bikin SKCK" sebut akun @yogiesuryagumilar.

"Terserah kalian lah...dah bosan liat ginian" kata akun @pataibalado.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])