SMP An Nurmaniyah Gelar Papera, Hadirkan Karya Siswa dan Market Day

Nusantaratv.com - 15 Desember 2022

SMP An Nurmaniyah Ciledug menggelar Papera 2022/Istimewa
SMP An Nurmaniyah Ciledug menggelar Papera 2022/Istimewa

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Bersamaan dengan pelaksanaan pembagian Rapor Semester Gasal, SMP An Nurmaniyah, Ciledug, Tangerang, Banten, menggelar event Pameran Pendidikan Yapera (Papera), Kamis (15/12/2022).

Pada pelaksanaan Papera yang ke-2 kali ini, dipamerkan sejumlah hasil karya siswa berupa produk atau barang yang terbuat dari limbah, batu serta lainnya. Ada juga karya poster maupun film pendek yang merupakan buatan siswa kelas 7, 8 dan 9 SMP An Nurmaniyah.

Karya-karya siswa itu dipamerkan sepanjang koridor sekolah, dan dapat dilihat oleh orangtua murid yang kebetulan mengambil Rapor putra dan putri mereka.

Selain menampilkan produk siswa, Pameran Pendidikan Yapera juga dimeriahkan dengan Market Day. Kegiatan ini menghadirkan stand atau both kuliner siswa kelas 7 hingga kelas 9. 

Pameran Pendidikan Yapera semakin meriah dengan pertunjukan siswa, mulai dari menari, bermusik dan bernyanyi.

Direktur Sarana dan Prasarana Yayasan An Nurmaniyah Akmal Agung Nugraha mengatakan, pihaknya mengapresiasi sebesar-besarnya pelaksanaan Papera tahun ini. 

"Kami dari Yayasan An Nurmaniyah sangat menyambut baik kegiatan ini. Biasanya kan saat pengambilan Rapor hanya dengan Wali Kelas, namun pada kali ini SMP Yapera menampilkan hal yang berbeda dengan melaksanakan pameran pendidikan, pameran hasil karya siswa dan ada juga bussiness day. Hal itu tentu membuat orangtua mempunyai dimensi lain begitu, selain mengambil rapor mereka bisa melihat hasil kreativitas siswa." ujar Akmal Agung Nugraha, ditemui disela acara. 

Event Papera 2022 ini juga dihadiri perwakilan dari Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Kota Tangerang, Romli, M.Pd. Menurutnya, kegiatan semacam ini sangat positif untuk para siswa.

"Kegiatan ini sangat positif bagi anak-anak. Karena kegiatan dengan profil Pancasila itu akan menguatkan karakter untuk peserta didik. Diharapkan sesuai dengan harapan Dinas Pendidikan, baik pusat maupun daerah, siswa harus memiliki karakter, berbudi luhur yang baik." ujar Romli.

Kepala Sekolah SMP An Nurmaniyah Ciledug Purbatin Hadi menjelaskan terkait pelaksanaan Papera di lingkungan sekolah. Menurutnya, kegiatan ini sebenarnya digelar setiap tahun. Namun karena adanya pandemi Covid-19, Papera baru kali kedua dilaksanakan sejak pertama kali dicetuskan.

"Sebenarnya target kita diadakan pameran pendidikan satu tahun sekali. Namun kemarin terkendala oleh pandemi Covid-19, maka pada saat ini baru kami adakan yang ke-2. Kegiatan ini juga terkait dengan kurikulum baru (Kurikulum Merdeka). Dimana salah satunya ada hasil karya siswa. Alhamdulillah pelaksanaan hari ini sangat meriah dan dihadiri para orangtua siswa yang kebetulan mereka mengambil rapor anak-anak di semester pertama ini." ujar Purbatin Hadi. 

Senada dengan Purbatin Hadi, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Anita Samirah menjelaskan terkait pelaksanaan Papera 2022. Menurutnya, seluruh hasil karya Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila siswa yang dipamerkan telah disaksikan sendiri oleh Pengawas SMP dari Dinas Pendidikan.  

"Anak-anak menghasilkan karya dan dipamerkan. Karya tersebut antara lain seperti poster, film pendek, karya dari limbah. Semua hasil karya siswa yang dipamerkan sudah dilihat oleh pengawas pembina sekolah dari Dinas Pendidikan." ungkap Anita Samirah.

Anita Samirah menambahkan, bahwa bertepatan dengan event Papera juga diadakan Market Day. Market Day ini menurutnya sangat baik untuk mengajarkan siswa dalam merencanakan sebuah usaha.

"Market Day sendiri mengajarkan siswa dalam merencanakan suatu usaha, mandiri, belajar untuk bisa berkolaborasi dengan teman-temannya. Dari situ siswa juga bisa berusaha dan kreatif. Dimana kreativitas mereka itu bisa menghasilkan pendapatan. Kegiatan ini juga diharapkan bisa berlanjut kedepannya." sambung Anita Samirah. 

Sementara itu salah seorang Wali Murid bernama Endang Arisanti mengatakan jika pelaksanaan Papera ini sangat baik untuk siswa dalam menunjukan kreasinya.

"Dengan acara ini sangat positif sekali. Anak-anak bisa meluapkan ekspresinya lewat sebuah kreativitas sehingga anak-anak bisa mandiri." ujarnya.

Senada dengan ibundanya, Aisyah Gendis yang merupakan siswa kelas 7.2 SMP An Nurmaniyah Ciledug merasa senang dan semangat bisa mengikuti kegiatan tersebut. 

"Acaranya seru banget karena ada bazar dan penampilan teman-teman seperti menari dan bernyanyi. Saya tadi juga tampil membawakan tarian Saman." kata Gendis menutup.

Launching PPDB SMP An Nurmaniyah Ciledug

Sebelum pelaksanaan Papera, SMP An Nurmaniyah Ciledug juga sudah melaunching program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023/2024. 

Direktur Sarana dan Prasarana Yayasan An Nurmaniyah Akmal Agung Nugraha mengatakan terkait PPDB ini bahwa pihak Yayasan telah melaunchingnya pada hari Rabu (14/12/2022).

Dengan demikian bagi masyarakat yang memiliki putra dan putri yang akan duduk di kelas 7 sudah bisa mendaftarkan diri di SMP An Nurmaniyah Ciledug. 

"Kemarin sudah kami launching PPDB tahun ajaran 2023/2024. Jadi bagi orangtua siswa yang ingin memasukkan atau mendaftarkan putra-putrinya, kami sudah membuka pendaftaran dan menyediakan formulir PPDB. Jadi bagi orangtua siswa sudah bisa langsung datang ke sekolah untuk mengetahui apa saja tentang SMP An Nurmaniyah." terang Akmal Agung Nugraha. 

Sementara Kepala Sekolah SMP An Nurmaniyah Ciledug Purbatin Hadi mengatakan terkait pelaksanaan PPDB 2023/2024. Diharapkan pada PPDB 2023/2024 akan jauh lebih baik lagi dalam segi jumlah siswa yang mendaftar, mengingat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap SMP An Nurmaniyah Ciledug sudah cukup baik.

"Mudah-mudahan dengan acara semacam ini dapat mendongkrak sekaligus mengenalkan SMP An Nurmaniyah Ciledug kepada masyarakat. Dengan acara yang juga banyak dihadiri masyarakat ini, menjadi satu bukti kepercayaan mereka kepada Kami." tutup Purbatin Hadi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])