Serangan Brutal Israel di Gaza, Tewaskan 14 Jurnalis Sepanjang Januari 2024

Nusantaratv.com - 06 Februari 2024

Warga Palestina berduka atas jurnalis lokal Hassouna Sleem dan Sary Mansour, yang tewas dalam serangan Israel di sebuah rumah sakit di Jalur Gaza tengah, pada 19 November 2023. (Dok/Reuters)
Warga Palestina berduka atas jurnalis lokal Hassouna Sleem dan Sary Mansour, yang tewas dalam serangan Israel di sebuah rumah sakit di Jalur Gaza tengah, pada 19 November 2023. (Dok/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Empat belas jurnalis menjadi korban serangan brutal tentara Israel di Jalur Gaza sepanjang Januari 2024, lapor kantor berita Wafa, mengutip Sindikat Jurnalis Palestina.

Sebanyak 135 kejahatan yang dilakukan pasukan Israel terhadap jurnalis di Palestina tercatat pada bulan lalu. Pada saat yang sama, delapan pekerja media tewas akibat tembakan langsung ke bangunan tempat tinggal, sementara empat lainnya tewas saat bertugas, kata laporan itu, seperti dilansir dari kantor berita Rusia, TASS, Selasa (6/1/2024).

Sindikat tersebut menyatakan serangan yang ditargetkan terhadap jurnalis dan keluarga mereka terus berlanjut di daerah kantong tersebut. Menurut laporan tersebut, serangan yang disengaja terhadap rumah pekerja media telah merenggut nyawa puluhan anggota keluarga.

Sebanyak 116 jurnalis telah terbunuh di Gaza sejak konflik Israel dan Palestina meningkat sejak 7 Oktober 2023, kata laporan itu. Sementara nasib beberapa jurnalis lainnya masih belum diketahui setelah kontak dengan mereka terputus.

Diketahui, ketegangan kembali berkobar di Timur Tengah setelah kelompok militan Palestina Hamas yang berbasis di Jalur Gaza melancarkan serangan mendadak ke wilayah Israel, pada 7 Oktober 2023.

Hamas menggambarkan serangannya sebagai respons terhadap tindakan agresif otoritas Israel terhadap Masjid Al-Aqsa di Temple Mount di Kota Tua Yerusalem. 

Israel menanggapi dengan mendeklarasikan blokade total terhadap Jalur Gaza dan melancarkan pemboman terhadap wilayah tersebut dan beberapa wilayah di Lebanon dan Suriah, serta operasi darat terhadap Hamas di Jalur Gaza. Bentrokan juga dilaporkan terjadi di Tepi Barat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])