Sembilan Orang Tewas dan 821 Lainnya Luka-luka Akibat Gempa Taiwan

Nusantaratv.com - 03 April 2024

Gempa bumi yang menghantam Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi waktu setempat, telah menewaskan sedikitnya sembilan orang. (Foto: Reuters)
Gempa bumi yang menghantam Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi waktu setempat, telah menewaskan sedikitnya sembilan orang. (Foto: Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Gempa bumi yang menghantam Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi waktu setempat, telah menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai 821 lainnya, menurut laporan media lokal yang mengutip dinas kebakaran setempat.

Direktur Pusat Seismologi di Badan Cuaca Pusat Taiwan, Wu Chien-fu menyebutkan, gempa dengan magnitudo 7,5 tersebut merupakan gempa terkuat yang mengguncang pulau itu dalam 25 tahun terakhir.

Melansir Sputnik, Rabu (3/4/2024), hingga pukul 16.30 waktu setempat (15.30 WIB), tercatat sembilan orang tewas, 821 orang luka-luka dan sedikitnya 127 orang terjebak dalam reruntuhan.

Di sisi lain, terdapat delapan jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Taiwan yang berada di pangkalan Hualien County dilaporkan mengalami kerusakan ringan dan dinding hangar ambruk, menurut laporan China Times.

Surat kabar itu melaporkan, peralatan utama jet-jet tempur tersebut tidak rusak dan perbaikan telah dilakukan sehingga kesiapan tempur pesawat-pesawat itu telah pulih sepenuhnya.

Sekitar 1.000 orang kemungkinan masih terjebak di pegunungan Taman Nasional Taroko. Sementara tim penyelamat terus berupaya melakukan kontak dengan kelompok-kelompok pendaki, menurut laporan kantor berita Taiwan.

Laporan tersebut menyampaikan setidaknya 654 orang bermalam di taman tersebut sejak Selasa (2/4/2024), sedangkan 680 pendaki lainnya terdaftar akan mengunjungi lokasi itu pada Rabu. Sedikitnya dua warga negara Jerman terjebak di Terowongan Chongde di Taman Nasional Taroko, lapor surat kabar harian Jerman Bild.

Pada Rabu pagi waktu setempat, serangkaian gempa bumi dahsyat melanda Taiwan. Juru bicara Badan Meteorologi Jepang mengatakan gempa dahsyat tersebut berkekuatan magnitudo 7,7, disusul gempa dengan magnitudo 6,6, dan 6,3. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])