Sekda Garut jamin Rekrutmen CPNS 2023 Transparan

Nusantaratv.com - 13 September 2023

Sekretaris Daerah Pemkab Garut Nurdin Yana. (ANTARA/Feri Purnama)
Sekretaris Daerah Pemkab Garut Nurdin Yana. (ANTARA/Feri Purnama)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Garut Nurdin Yana menjamin pelaksanaan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2023 untuk formasi di Pemkab Garut berlangsung transparan dan tidak ada pihak yang bisa meloloskan tes seleksi, untuk itu pelamar tidak tertipu oleh pihak yang menjanjikan bisa meloloskan CPNS.

"Tes rekrutmen dilaksanakan secara komputerisasi, dijamin transparan karena langsung dapat diketahui hasilnya," kata Nurdin Yana di Garut, Rabu.

Ia menuturkan Pemkab Garut mendapatkan kuota CPNS tahun 2023 sebanyak 1.926 orang untuk sebagian besar sekitar 1.300 orang formasi tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan, kemudian sisanya untuk tenaga teknis di beberapa satuan kerja.

Pemkab Garut, kata dia, mengusulkan lebih banyak kuota untuk tenaga pendidikan dan kesehatan karena sesuai dengan kebutuhan di setiap puskesmas dan sekolah.

"Apa yang kita usulkan itu sesuai kebutuhan, berdasarkan di lapangan untuk kebutuhan puskesmas dan sekolah," kata Nurdin.

Ia menyampaikan proses rekrutmen CPNS dilakukan oleh pemerintah pusat dengan tahapan seleksi secara komputerisasi.

Pelamar, kata dia, tidak perlu khawatir ada kecurangan dalam proses seleksi, semua tahapan dilakukan secara terbuka, dan tidak ada orang atau pejabat pemerintahan yang bisa meloloskan tes seleksi CPNS.

"Kebetulan tidak ada yang bisa (bantu meloloskan), bupati sendiri saja itu tidak bisa memasukkan orang, sulit sekali," katanya.

Nurdin mengimbau pelamar untuk tidak mudah tergiur apabila ada pihak tertentu, atau oknum pegawai pemerintahan yang menjanjikan bisa meloloskan tes seleksi CPNS.

Ia memastikan dengan kondisi tes seleksi seperti saat ini tidak akan ada pihak yang bisa meloloskannya, jika ada yang menawarkan dapat dipastikan itu penipuan.

"Jangan terpengaruh, jangan sekali-kali tergiur dengan janji-janji, jangan, saya jamin, karena setingkat Pak Bupati saja tidak bisa," katanya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS tahun 2023 mulai 17 September 2023.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])