Sah Jadi Presiden RI, Ini Deretan Janji Prabowo-Gibran saat Kampanye

Nusantaratv.com - 27 April 2024

Prabowo-Gibran Presiden Terpilih (YouTube Nusantara TV)
Prabowo-Gibran Presiden Terpilih (YouTube Nusantara TV)

Penulis: Adiansyah | Editor: Tasya Paramitha

Nusantaratv.com - Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 resmi ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 terpilih oleh KPU pada Rabu, 24 April 2024. 

Penetapan tersebut dilakukan usai Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sengketa Pilpres yang diajukan pasangan Ganjar-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Sebelum itu, pasangan Prabowo-Gibran sempat mengungkap beberapa janji jika kepilih menjadi Presidan dan Wakil Presiden. 

Janji apa sajakah itu? Mari simak ulasannya di bawah ini yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

Janji Prabowo-Gibran

1. Pembangunan Desa

Prabowo-Gibran menyinggung program berkaitan ekonomi yang harus cepat dilaksanakan, mengatakan membangun dari desa jadi strategi utama dalam pembangunan nasional.

Maka dari itu, program yang berkaitan dengan pembangunan desa yang sudah dilaksanakan mesti dilanjutkan dan ditingkatkan.

Prabowo-Gibran juga dalam hal ini menargetkan bisa membangun atau merenovasi rumah sebanyak 40 rumah per desa/kelurahan per tahun, total nasional mencapai 3 juta rumah mulai di tahun kedua.

2. Produktivitas Pertanian

Kemudian Prabowo-Gibran juga memiliki janji untuk mencetak dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian dengan lumbung pangan desa, daerah, dan nasional.

Dalam hal ini, produktivitas lahan pertanian melalui berbagai program intensifikasi serta ekstensifikasi lahan jadi kunci swasembada pangan.

Program tersebut dilakukan di level desa, kecamatan, kabupaten/kota, dan nasional dengan komoditas padi, jagung, kedelai, singkong, tebu, sagu, dan sukun.

3. Menaikkan Gaji ASN

Selanjutnya ada janji yang berbunyi menaikkan gaji ASN (terutama guru, dosen, dan tenaga kesehatan), TNI/POLRI, dan pejabat negara. 

4. Kartu Sejahtera

Kemudian program terkait ekonomi dengan melanjutkan dan menambahkan program kartu-kartu kesejahteraan sosial serta kartu usaha untuk menghilangkan kemiskinan absolut.

Program-program seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), KIS Lansia, Kartu Prakerja, MEKAR, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, dan Program Keluarga Harapan bakal dilanjutkan dan menambah Kartu Anak Sehat.

Tidak hanya itu, Prabowo-Gibran juga punya janji untuk membuat program Kredit Usaha Tani, Peternakan, Perikanan, Nelayan, Pesisir,Perkebunan, Industri Hilir UKM, Produksi Pangan Rakyat, Kredit untuk usaha Start Up dan kredit untuk para milenial akan didorong.

5. Makan Siang Gratis 

Prabowo-Gibran memiliki janji program kerja memberikan makan siang dan susu gratis pada 82,9 juta orang miskin. Penerima berasal dari tiga golongan. Pertama, 74,2 juta anak sekolah, 4,3 juta santri, dan 4,4 juta ibu hamil.

6. Membangun Badan Penerimaan Negara

Prabowo-Gibran memiliki rencana untuk mendirikan badan penerimaan negara. Poin ini berbunyi "Mendirikan Badan Penerimaan Negara dan meningkatkan rasio penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB) ke 23 persen".

Sebagian pembangunan ekonomi perlu dibiayai sebagian dari anggaran pemerintah. Maka anggaran pemerintah harus ditingkatkan dari sisi penerimaan yang bersumber dari pajak dan bukan pajak (PNBP).

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])