Rusia Siap Serahkan Jenazah Korban Pesawat Jatuh Ilyushin-76 ke Ukraina

Nusantaratv.com - 01 Maret 2024

Penampakan puing-puing pesawat angkut militer Ilyushin Il-76 Rusia di dekat desa Yablonovo di wilayah Belgorod, Rusia. (Foto: Russian Investigative Committee/Reuters)
Penampakan puing-puing pesawat angkut militer Ilyushin Il-76 Rusia di dekat desa Yablonovo di wilayah Belgorod, Rusia. (Foto: Russian Investigative Committee/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Komisaris Hak Asasi Manusia (HAM) Rusia, Tatyana Moskalkova mengatakan, Rusia siap menyerahkan jenazah yang tewas akibat jatuhnya pesawat Ilyushin-76 di wilayah Belgorod ke Ukraina.

"Iya kami siap, semua persyaratan prosedur sudah ada. Jenazah bisa diserahkan sesuai prosedur yang ada," ujar Moskalkova, seperti dilansir dari Sputnik, Jumat (1/3/2024).

Sebelumnya Moskalkova mengungkapkan, pihaknya terus aktif melakukan komunikasi dengan Dmytro Lubinets (Komisaris Hak Asasi Manusia Ukraina), Dmytro Lubinets, mengenai jatuhnya pesawat Ilyushin-76.

Pada Rabu (24/1/2024), enam anggota awak Rusia, tiga prajurit Rusia dan 65 tawanan perang Ukraina di dalam pesawat tersebut tewas setelah sebuah rudal menghantam pesawat Ilyushin-76. 

Pesawat itu diketahui sedang dalam perjalanan untuk rencana pertukaran tahanan yang kemudian dibatalkan.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan setelah insiden tersebut, intelijen Ukraina mengetahui adanya tawanan perang Ukraina di dalam pesawat angkut militer Ilyushin-76, namun tetap menyerangnya. 

Komite Investigasi Rusia mengatakan angkatan bersenjata Ukraina menggunakan peluru kendali MIM-104A dari sistem Patriot untuk menembak jatuh pesawat tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])