Rusia Serahkan Bisa-Tidaknya Putin ke KTT G20 ke Indonesia

Nusantaratv.com - 07 April 2022

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Net)
Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Rusia angkat bicara soal desakan negara Barat kepada Indonesia agar tak membiarkan Presiden Vladimir Putin hadir dalam Konferensi Tingkat TInggi (KTT) G20 di Bali Oktober mendatang.

Kantor Kepresidenan Rusia atau Kremlin menyatakan mereka akan membuat keputusan apakah Putin akan hadir dalam KTT G20 tahun ini atau tidak. Keputusan itu bergantung situasi yang berkembang.

"Kami akan klarifikasi ini, bagaimana pun juga, Indonesia yang menjadi penyelenggara," ujar juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, dalam jumpa pers di Moskow, Kamis (7/4/2022).

Pernyataan itu disampaikan Peskov menanggapi pernyataan wartawan soal respons Rusia terhadap desakan beberapa negara agar Putin tak diundang dalam KTT G20 tahun buntut invasinya ke Ukraina.

Mengutip Reuters, negara Barat terus melayangkan ketidaksenangan jika Rusia berpartisipasi dalam rangkaian KTT G20 tahun ini imbas dari serangan Rusia ke Ukraina.

Beberapa negara seperti bahkan sudah mewanti-wanti soal rasa keberatan mereka kepada Indonesia jika Rusia hadir dalam pertemuan-pertemuan kelompok tersebut. Hal itu pun membuat posisi Indonesia sebagai Ketua G20 tahun ini terus terdesak.

Yang terbaru, Amerika Serikat (AS) bahkan mengancam takkan menghadiri pertemuan G20 apabila delegasi Rusia tetap hadir.

Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, telah menegaskan posisinya kepada para Menteri Keuangan di G20, terutama Indonesia selaku ketua G20 di periode ini.

"Presiden Joe Biden telah menjelaskan dan saya tentu setuju dengannya bahwa kami tidak bisa bersikap biasa saja terhadap Rusia di lembaga keuangan mana pun," kata Yellen. 

"Dia (Biden) meminta Rusia dikeluarkan dari G20, dan saya telah menjelaskan ke rekan saya di Indonesia bahwa kami tak akan berpartisipasi dalam sejumlah pertemuan (G20) jika Rusia hadir di sana," imbuhnya. 

Hingga kini, Indonesia belum mengambil keputusan menanggapi konflik Rusia vs Ukraina sebagai presiden negara kelompok G20 tahun ini, terutama soal nasib kehadiran negeri beruang merah dalam forum tersebut.

Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika sekaligus tim jubir pemerintah untuk G20, Dedy Permadi, mengatakan Indonesia perlu hati-hati menyikapi konflik Rusia vs Ukraina sebagai ketua kelompok itu.

"Isu Rusia dan Ukraina tentu saat ini sedang kami dalami dan kemudian akan kami sampaikan di dalam forum lain ketika waktunya sudah sampai," ujar Dedy dalam konferensi virtual, Kamis (7/4/2022).

"Kita sebagai presidensi agar merespons seperti apa dan tentu akan kami sampaikan kepada masyarakat jika nanti sudah tiba waktunya," lanjut dia.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, meminta masyarakat untuk tak berspekulasi menanggapi pernyataan Amerika Serikat yang tak ingin datang ke pertemuan G20 jika Rusia diundang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])