Rusia Gunakan Senjata Nuklir di Ukraina, Volodymyr Zelenskyy: Mereka Bisa Melakukannya!

Nusantaratv.com - 16 April 2022

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara kepada Kongres AS melalui video untuk memohon dukungan ketika negaranya dikepung oleh pasukan Rusia, 16 Maret 2022. (Reuters)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara kepada Kongres AS melalui video untuk memohon dukungan ketika negaranya dikepung oleh pasukan Rusia, 16 Maret 2022. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Jumat (15/4/2022) mengatakan Rusia dapat menggunakan senjata nuklir karena putus asa dengan operasi militer khusus mereka di Ukraina yang berjalan tidak sesuai target.

Ditanya terkait ancaman itu, Zelenskyy mengatakan seluruh dunia harus khawatir jika Rusia mulai berbicara tentang senjata nuklir atau beberapa senjata kimia. "Mereka bisa melakukannya, maksud saya mereka bisa," kata Zelenskyy kepada CNN, dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (16/4/2022).

"Bagi mereka, kehidupan rakyat bukanlah apa-apa. Jangan takut, bersiaplah," tegasnya.

Sebelumnya, pada Kamis (14/4/2022), Direktur CIA William Burns mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin bisa saja menggunakan senjata nuklir taktis dalam operasi militer khususnya di Ukraina.

"Kemunduran (pasukan) Rusia di medan perang meningkatkan risiko jika Presiden Vladimir Putin dapat menggunakan senjata nuklir taktis," jelas Burns.

Kremlin mengatakan mereka telah menempatkan pasukan nuklir Rusia dalam siaga tinggi tak lama setelah operasi militer khusus dilancarkan pada 24 Februari. Namun, Amerika Serikat (AS) mengatakan mereka belum melihat adanya tanda-tanda aktivitas nuklir yang tidak biasa. 

Di sisi lain, Presiden AS Joe Biden mengaku sangat khawatir jika konflik Rusia-Ukraina tersebut dapat memicu terjadinya perang dunia ketiga, maupun perang nuklir.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])